Lifestyle

Dalgona Coffee dan Inkigayo Sandwich, Ini 5 Menu Unik yang Viral di Korea Selatan

0
SEVENTEEN and Inkigayo Sandwich from Twitter @pledis_17
SEVENTEEN and Inkigayo Sandwich from Twitter @pledis_17

Aegyo.id – Tidak hanya membawa tren K-pop dan K-beauty, Korea Selatan juga turut mempopulerkan sejumlah sajian kuliner unik dan menarik yang sayang untuk dilewatkan. Ada Dalgona Coffee, Inkigayo Sandwich dan banyak lagi, menu-menu yang viral di Korea Selatan berikut ini bisa kamu bikin sendiri di rumah saat ikutan Social Distancing.

1. Dalgona Coffee

Dalgona Coffee from Youtube KBS

Aktor Jung Il Woo mempopulerkan nama Dalgona setelah berkunjung dan mencoba minuman ini saat pergi ke Macau. Alasan pria 32 tahun itu menyebutnya Dalgona karena minuman ini punya tekstur lembut seperti spons, dan rasa yang manis mirip jajanan lawas asal Korea Selatan bernama ppopgi.

Dalgona Coffee kemudian makin populer sejak resepnya banyak dibagikan di aplikasi TikTok. Para idol seperti Twice, AOA, Hyunjae THE BOYZ pun tak ketinggalan mencoba membuat minuman hit ini.

Kalau kamu juga mau coba membuat Dalgona Coffee, bahan dan caranya cukup simpel kok. Gabungkan kopi, gula serta air panas, lalu diaduk cepat (whipped) dan disajikan di atas susu steam.

2. Inkigayo Sandwich

Inkigayo Sandwich from Youtube KBS

Sandwich yang awalnya cuma dijual di kantin stasiun tv SBS ini sempat hit dikalangan para idol. Akhirnya 7-Eleven Korea ikut merilis sandwich ini sebagai salah satu menu yang dijual di gerai mereka.

Sekilas Inkigayo Sandwich ini tampak biasa saja, tapi dengan perpaduan bahan selai manis stroberi menjadikan rasa Inkigayo Sandwich sedikit beda, unik dan banyak disukai.

Nah, sebeneranya kamu gak perlu ke Korea untuk mencicipi Inkigayo Sandwich. Tinggal bikin aja di rumah dengan menyiapkan bahan seperti telur, stik kepiting, sayuran, kentang dan mayonaise untuk isian salad. Caranya tinggal susun seperti roti sandwich biasa dengan telur, kemudian lapisi selai stroberi dan tumpuk lagi roti dengan isian salad sembari dipadatkan.

3. Jjapaguri dari Film Parasite

Jjapaguri from Youtube Korea Reomit

Jjapaguri adalah makanan mie instan dengan topping daging premium. Makanan ini jadi naik daun sejak kemunculannya di film Parasite dan diyakini mempunyai filosofi tentang kesenjangan sosial yang ada di masyarakat.

Jadi, mie yang harganya bisa dibeli semua kalangan itu dipadukan dengan daging steak yang hanya bisa dinikmati golongan masyarakat menengah ke atas. Itulah kenapa, hidangan jjapaguri mewakili tema cerita film Parasite yang tentang kasta sosial.

Buat kalian yang pingin menikmati sajian ala keluarga kaya dari Mr. Park ini, siapkan dulu mie instan Nongshim yang varian Jjapaghetti atau Neoguri beserta daging steak sirloin. Lalu, masak mie seperti membuat mie instant biasanya. Setelah matang, mie diberi topping daging yang sudah ditumis dengan bawang, garam plus merica. Dijamin yummy banget deh!

4. Sup Tahu Kedai Danbam

Sup Tahu Kedai Danbam from Youtube Korean Reomit

Kepopuleran menu andalan kedai Danbam yang muncul di drama Itaewon Class ini membuat orang mencoba membuatnya dalam dunia nyata. Ya, sup dengan isian tahu Jepang, daging gurita dan udang merupakan sajian berkuah hangat yang cara membuatnya pun cukup mudah ditiru.

Untuk bumbu utama makanan ini adalah gochujang dan bumbu dapur lainnya seperti garam, merica, bawang putih hingga minyak wijen. Kemudian rebus semua bahan termasuk seafood dan tahu. Bagi kalian yang alergi seafood, bisa diganti dengan daging sapi, ya.

Oiya, Youtuber Korea Reomit juga sudah bikin vlog saat menyantap makanan ini. Pemilik nama asli Jang Hansol itu berhasil membuat sup tahu ala Danbam dengan membeli satu bungkus sup instant yang berhasil ia temukan dari Instagram.

5. Tanghulu

Kwon Yuli and Tanghulu from Youtube TV [Yuli TV]

Snack segar dan manis yang cocok buat nyemil di siang hari adalah permen buah bikinan rumah bernama Tanghulu. Berbahan dasar buah segar dan dibalut larutan gula, camilan ini cukup digemari oleh berbagai kalangan. Sebut saja si Youtuber gemas Kwon Yuli hingga Moonbyul MAMAMOO, pernah menikmati permen manisan asal China ini.

Jika kamu ingin membuat Tanghulu, buah stroberi, anggur hingga jeruk utuh bisa dijadikan bahan untuk membuat camilan ini. Caranya tinggal panaskan gula pasir dan air hingga mengental seperti karamel, lalu tinggal celupkan buah dan rendam di air dingin agar mengkristal sempurna.

Itulah 6 menu yang diviralkan oleh warga Korea Selatan. Semuanya resepnya gampang dan bisa dibikin di dapur rumah kamu, kan?

You may also like

More in Lifestyle

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *