Lifestyle

6 Aturan Aneh di Sekolah Korea Selatan yang Bisa Buat Kamu Terheran-heran

0

Aegyo.id – Setiap negara punya aturan yang berbeda-beda dalam hal pendidikan di negaranya. Aturan-aturan tersebut dibuat pemerintah agar proses pendidikan berjalan lancar dan sesuai dengan tujuan-tujuan negara yang hendak diraih dalam bidang pendidikan. Begitu juga dengan Korea Selatan yang memiliki peraturan dalam pendidikan yang cukup menarik untuk dikulik.

Meskipun terkesan aneh dan nggak lazim di negara kita, tujuan dari aturan sekolah di Korea Selatan tersebut dibuat demi kebaikan dari para peserta didiknya. Wah, kira-kira aturan sekolah di Korea Selatan yang seperti apa, sih yang katanya aneh banget? Yuk simak di bawah ini.

Murid maupun guru tidak boleh minum kopi

“Me without coffee?? Gosh I’m crying!!!”
(Image from My Love From The Stars – SBS)

Korea Selatan mungkin menjadi negara yang berat bagi para pencinta kopi. Negara ini resmi melarang sekolah-sekolah untuk menjual minuman berkafein seperti kopi kepada para siswanya. Tetapi yang namanya siswa pasti ada saja akalnya, mereka memanfaatkan vending machine yang tersedia bagi guru untuk membeli kopi. Namun sekarang guru maupun murid tidak diperbolehkan membeli kopi di sekolah dengan alasan kesehatan. Bahkan mulai tahun ini vending machine di berbagai sekolah di Korea Selatan telah dihilangkan. Hmm.. Jadi pengin cepet-cepet masuk kampus nih biar bisa ngopi-ngopi lagi~

Harus pakai seragam

“Gue dengan seragam ala Korea? So pasti cool”
(Image: Reply 1997 – tVN)

Mirip dengan di Indonesia, Korea Selatan sangat ketat perihal peraturan seragam di sekolah. Hampir semua sekolah di Korea Selatan memiliki seragam dan mewajibkan semua muridnya untuk mengenakan seragam yang telah ditentukan modelnya. Jadi sekolah di sana pun punya model seragamnya sendiri-sendiri. Ketika seorang murid pindah dari sekolah lain, maka ia harus membeli seragam di sekolah barunya. Kalian pasti sudah sering kan lihat seragam ala Korea Selatan di drama Korea yang keren-keren banget itu?

Tidak bisa pakai sepatu di sekolah

“Punya sepatu mahal-mahal, pakainya ginian di sekolah. Hikss”
(Image from Amazon.com)

Meski kedengaranya aneh, namun hal tersebut nyata, lho. Maksudnya tidak pakai sepatu di sekolah bukan berarti mereka menggunakan kaos kaki saja ketika di sekolah. Pihak sekolah biasanya menyediakan loker untuk menyimpan sepatu mereka. Para siswa biasanya menggunakan slipper atau sepatu cadangan yang digunakan untuk di luar sekolah. Mungkin maksudnya biar sekolahnya nggak kotor gitu, ya..

Aturan untuk tidak boleh pacaran

“WHAT! Buat apa satu sekolah sama cewek secantik Lee Ji Eun kalau nggak boleh pacaran??
(Image: Gong Yoo for Goblin – tvN)

Beberapa sekolah di Korea Selatan sudah menerapkan peraturan ‘no dating’ atau tidak diperbolehkan untuk berpacaran di lingkungan sekolah. Jika tertangkap, siswa bisa terkena hukuman tertentu. Meski tidak semua sekolah punya aturan ini, namun larangan tidak memperbolehkan siswanya berpacaran adalah aturan yang lumrah di Korea Selatan. Bahkan kelas perempuan dan laki-laki banyak yang dipisah untuk menghindari hal tersebut.

Tidak boleh masuk ke kelas lain meskipun lagi break

“Ya ampun, gue ma BFF jadi nggak bisa gosipin idol bareng lagi dong??”
(Image from School 2017 – KBS2)

Kalau di Indonesia, sih pas istirahat masih bisa main ke kelas teman. Nah, di Korea Selatan hal tersebut sangatlah tidak diperbolehkan. Aturan ini cukup ketat di banyak sekolah di Korea Selatan. Jika para siswa ingin bertemu teman yang berbeda kelas, mereka harus janjian terlebih dahulu untuk bertemu di depan kelas. Waduh, repot banget nggak sih?

Tidak boleh pakai alat elektronik

“Nggak bisa main PUBG doooonggg???”
Image from http://rucarakan.org

Guru di Korea Selatan nggak akan menyita handphone para siswa yang ketahuan digunakan ketika proses belajar mengajar. Karena pada pagi hari semua alat elektronik seperti handphone akan dikumpulkan di guru kelas atau loker dan para siswa bisa mengambil kembali handphone mereka ketika sudah pulang sekolah. Ngeselin juga ya, jadi nggak bisa buka chat kalau lagi ngantuk di kelas nih!

Nah, itulah 6 aturan sekolah yang cukup aneh di Korea Selatan. Menurut kalian paling berat yang mana?

You may also like

More in Lifestyle

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *