K-Pop

Tujuh Rookie Group K-pop Terpopuler di Spotify Tahun 2019

0
ITZY
Source Image: JYP Entertainment

Aegyo.idSpotify kembali merilis data mengenai lagu-lagu terpopuler di tahun 2019. Kali ini, dunia K-Pop juga masuk dalam daftar ini.

Sebelumnya Spotify sudah merilis daftar lagu-lagu K-Pop terpopuler di tahun 2019 kemarin. Buat kalian yang kelewatan, bisa banget lihat daftarnya di sini.

Untuk kali ini ada data yang lebih spesifik dari pendengar K-Pop di Spotify, yaitu lagu-lagu Rookie Group mana yang paling diminati di sepanjang tahun 2019 ini. Rookie group yang masuk dalam kategori ini adalah group yang debut di tahun 2019 ini.

Data yang kami miliki mencatat ada setidaknya 28 idol group baru yang debut di tahun 2019. Namun tidak banyak dari mereka yang langsung mendapatkan kepopuleran tinggi.

Berdasarkan data dari Spotify yang dirangkum oleh K-Charts Official, berikut adalah tujuh rookie group K-Pop terpopuler di Spotify tahun 2019.

7. CIX

CIX
Souce image: twitter.com/cix_twt

Di posisi tujuh, ada boy group bentukan C9 Entertainment, CIX sebagai rookie group terpopuler di Spotify.

Mereka resmi debut di tanggal 23 Juli 2019 dengan EP pertama mereka berjudul Hello Chapter 1: Hello, Stranger dengan title track berjudul ‘Movie Star‘.

Movie Star ini sangat populer karena sempat berada di peringkat kedua GAON Chart, di mana lagu ini sudah diputar sebanyak 7.1 juta kali di Spotify sepanjang tahun 2019.

6. ONEUS

ONEUS
Souce image: twitter.com/oneus_official

Boy Group milik RBW Entertainment, ONEUS didaulat sebagai peringkat enam rookie group terpopuler di Spotify tahun 2019.

Resmi debut pada tanggal 9 Januari 2019, ONE US cukup produktif sepanjang tahun 2019. Mereka merilis 3 EP dan dua single Jepang selama 12 bulan terakhir.

Debut single mereka, ‘Valkyrie‘ menjadi lagu yang sangat digemari di Spotify, di mana lagu ini diputar sebanyak 9.7 Juta kali sepanjang tahun ini.

5. AB6IX

AB6IX
Source Image: twitter.com/AB6IX

Pada tahun 2019 Brand New Entertainment mengambil keputusan besar. Mereka resmi mendebutkan boy group pertama mereka sepanjang sejarah mereka berdiri, yaitu AB6IX.

Digawangi oleh dua mantan personil WANNAONE, AB6IX tidak butuh waktu lama untuk mencapai popularitas yang besar di Korea Selatan. Di tahun 2019 ini mereka meluncurkan 1 Extended Play dan juga satu full album.

Single debut mereka, ‘Breathe‘ mendapatkan sambutan yang baik di Spotify, di mana lagu ini sudah diputar sebanyak 10 juta kali sepanjang tahun 2019.

4. X1

x1
Source image: twitter.com/x1official101

Untuk posisi empat Rookie Group terpopuler di Spotify adalah idol group bentukan Produce X 101, X1.

Group ini baru saja debut di bulan September 2019 kemarin dengan album berjudul ‘Quantum Leap‘. Title track dari album itu, “Flash” mencuri perhatian pecinta K-Pop di mana lagu ini sudah diputar sebanyak 15.94 juta kali.

Namun sayang karena terungkapnya skandal manipulasi voting, kelanjutan proyek X1 hingga saat ini masih mengambang dan tanpa kejelasan.

3. Everglow

Everglow
Souce image: twitter.com/everglow_twt

Setelah empat group sebelumnya didominasi oleh Boygroup, di peringkat ketiga Rookie Group terpopuler di Spotify diduduki oleh Everglow.

Girl group bentukan Yuehue Entertainment ini pertama kali debut pada tanggal 18 Maret 2019. Girl group ini digawangi oleh dua mantan peserta Produce 48, Sihyeon dan Yiren.

Sejak debut, mereka sudah merilis dua EP berjudul ‘Arrival of Everglow‘ dan ‘Hush‘ dengan title track ‘Bon Bon Chocolat ‘yang diputar sebanyak 41.8 juta kali dan ‘Adios‘ yang diputar sebanyak 27.3 juta kali di tahun 2019.

2. ITZY

ITZY
Souce image: twitter.com/itzyofficial

Untuk posisi kedua ini mimin yakin kalian semua pasti bisa menebak. Ya, untuk posisi kedua rookie group terpopuler di Spotify dipegang oleh ITZY.

Didebutkan JYP Entertainment pada tanggal 10 Februari 2019, Gril group ini langsung dijuluki sebagai Rookie Monster setelah MV single mereka ‘Dalla Dalla‘ memecahkan rekor MV debut terbanyak yang dilihat dalam 24 jam.

Kepopuleran ‘Dalla Dalla’ ini juga menular ke Spotify di mana lagu ini diputar sebanyak 75.2 juta kali di tahun 2019. Ini adalah lagu Rookie group paling populer di Spotify.

Dua single dari album pertama mereka ‘It’z IcY’ yaitu ‘Want It‘ dan ‘Icy‘ juga populer di kalangan pendengar Spotify. Want It tercatat diputar sebanyak 5.7 juta kali dan Icy diputar 32.9 juta kali sepanjang tahun 2019.

1.TXT

TXT
Souce image: twitter.com/txt_bighit

Jeng Jeng Jeng, untuk rookie group terpopuler di Spotify tahun 2019 jatuh pada boy group bentukan Big Hit Entertainment, TXT.

Berstatus sebagai adik dari ‘BTS’ tidak membuat TXT sekedar ‘pansos’ mengandalkan nama besar sang kakak. Ini terbukti dari banyaknya karya TXT yang laris didengarkan di platform Spotify.

Tercatat ada enam lagu mereka yang masuk top 15 lagu Rookie yang banyak didengarkan. Tiga diantaranya adalah side track seperti ‘Nap of Star‘ yang diputar 8.7 juta kali, lalu ada ‘Our Summer‘ yang diputar 13.6 juta kali dan ‘Blue Orangeade‘ yang diputar 14.2 juta kali.

Rilisan terbaru mereka, ‘Run Away‘ sudah diengarkan sebanyak 15.98 juta kali. Sementara dua single sebelumnya, ‘Cat and Dog‘ serta ‘Crown‘ sudah diputar sebanyak 20,4 juta kali dan 51.2 juta kali di tahun 2019 ini.

You may also like

More in K-Pop

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *