K-Pop

Seventeen – Fear: Kombinasi Visual Maut dan Musik yang Nanggung

0

Aegyo.id – Boygroup bentukan Pledis Entertainment, Seventeen resmi merilis music video dari single terbaru mereka, ‘Fear’.

Fear merupakan title track dari album terbaru Seventeen yang berjudul An Ode, yang merupakan album full ketiga mereka sejak pertama kali terbentuk di tahun 2015 silam. Perilisan single dan album ini cukup mengejutkan publik, karena baru bulan lalu mereka merilis single berjudul ‘Hit’.

Sama sepertin single-single sebelumnya, lagu ‘Fear’ ini diproduksi sendiri oleh member Seventeen dibantu oleh komposer Pledis Entertainment, BUMZU. Untuk liriknya ditulis oleh WOOZI, BUMZU, Vernon, dan S.COUPS sementara komposer dari lagu ini adalah WOOZI dan BUMZU.

Dalam penuturan mereka saat launching album ‘An Ode’ ini, Seventeen membeberkan bahwa mereka cukup bereksperimen dengan lagu ‘Fear’ ini. Mereka ingin menampilkan sisi ‘gelap’ mereka setelah mayoritas lagu mereka menunjukkan sisi cerah mereka.

Lantas bagaimana hasil dari eksperimen Seventeen ini? Buat yang belum nonton MVnya bisa tekan tombol play di bawah ini, dan kami dari redaksi Aegyo akan mencoba mengulas MV dan lagu dari ‘Fear’ setelahnya.

Top Class Visual

MV dari ‘Fear’ ini disutradarai oleh Rima Yoon, seorang sutrada MV kawakan yang sudah menangani beberapa nama besar di K-Pop, seperti NCT 127 – Superhuman, Henry – Monster, Super Junior – Black Suit, dan yang terbaru adalah X1 – Flash.

Secara garis besar, mimin merasa cukup kagum dengan bagaimana Rima Yoon menerjemahkan konsep ‘Fear’ ini ke dalam sebuah music video. Namun karena proyek ini cukup berdekatan dengan karya terakhirnya X1 – Flash, sehingga ada cukup banyak kemiripan feels antara MV ‘Fear’ dan ‘Flash’.

Menggunaan warna hitam sebagai nuansa dasar MV ini, Rima Yoon mengombinasikan nuansa gelap ini dengan beberapa warna seperti merah, putih dan gold yang mampu menonjolkan para member Seventeen dengan maksimal.

Salah satu poin yang menurut mimin membuat MV ini berkesan karena Rima Yoon mampu menampilkan potret individual para member Seventeen dengan sangat baik. Alhasil ketampanan mereka terlihat jadi berlipat ganda. Gak percaya? Coba lihat baru empat detik, CARAT sudah disuguhkan visual seperti ini.

Tidak hanya menampilkan sisi dark, Rima Yoon juga menyisipkan beberapa ‘bonus visual’ yang sedikit cerah tapi tetap buat hati CARAT dag-dig-dug melihatnya, kayak di bawah ini.

Menurut mimin sih highlight utama MV ini terletak di menit 2:28, saat Jeonghan menunjukkan kombinasi tampan tapi menakutkan seperti foto di bawah ini.

Musik Nanggung

Oke setelah membahas MVnya, Kini mimin mau mencoba membagikan pendapat mimin soal lagu dari ‘Fear’ ini.

Ya secara garis besar, ‘Fear’ sangat berbeda dengan lagu-lagu title track Seventeen lainnya seperti ‘Hit’, ‘Don’t Wanna Cry’, atau ‘Clap’. Mengusung konsep R&B dan didukung oleh musik EDM yang berat, konsep yang dark yang ingin dimunculkan dalam lagu ini sudah keluar. Namun sayang, kesannya jadi agak nanggung.

Kenapa kok nanggung? Oke kita lihat, lagu ini dibuka dengan rap yang cukup intens dengan bassline yang berat. Berkat opening itu, kesan dark langsung tertangkap di telinga pendengar. Setelah itu, Solo Joshua berhasil menghadirkan transisi yang bagus ke bagian verse pertama. Untuk reffnya juga menunjukkan intensitas yang bagus untuk lagu bernuansa dark, meski ada beberapa soft melody untuk irama reffnya.

Tetapi ketika masuk verse dua, nuansa dark itu mulai berkurang dan semakin ke belakang nuansa dark itu semakin meredup. Nuansa gelap itu baru kembali di bagian reff terakhir, di mana bassline berat seperti intro kembali dimasukkan ke dalam lagu.

Apakah dengan komposisi yang nanggung ini lagu ‘Fear’ ini jadi tidak enak didengar? Tidak juga. Malah menurut mimin konsep nanggung ini cukup membantu pendengar, karena ini Genre yang masih sangat baru untuk CARAT, sehingga Seventeen tidak bisa langsung memberikan konsep yang terlalu dark.

Overall sih menurut mimin lagu ini cukup bagus untuk uji coba konsep dark. Namun untuk dikategorikan sebagai lagu ‘dark’ masih kurang, karena di sepanjang lagu masih ada unsur-unsur yang tidak intens. Kalau menurut kalian, bagaimana MV dan juga musik dari ‘Fear’ ini? Yuk beri pendapat kalian di kolom komentar.

You may also like

More in K-Pop

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *