K-Pop

Selain BTS, Idol-Idol K-Pop Ini Juga Pernah Nangkring di Billboard Hot 100

0
BTS
Source Image: BTS Official Facebook

Aegyo.id – Sebuah pencapaian keren kembali ditorehkan BTS. Single terbaru mereka, ‘On‘ berhasil menjadi lagu K-Pop pertama di tahun 2020 yang masuk ke Chart Billboard Hot 100.

Sebagai informasi, Billboard Hot 100 ini bisa dikatakan tangga musik paling wahid di dunia. Tangga musik ini dikelola oleh majalah musik top dunia, Billboard dan saat ini menjadi patokan untuk tangga musik di dunia.

Dengan statusnya sebagai tangga musik elit, tidak banyak musisi yang lagunya bisa menembus chart ini. Hal itu berlaku juga bagi para idol K-Pop, di mana ada kebanggaan yang besar jika lagu mereka bisa masuk chart Prestisius ini.

BTS bisa dikatakan menjadi salah satu wakil dari Korea Selatan yang sering menembus chart ini. Kisah cinta BTS dan Billboard Hot 100 dimulai dari lagu ‘DNA’ yang masuk ke Billboard Hot 100 pada tanggal 7 Oktober 2017. Setelah itu BTS langganan masuk Billboard Hot 100, disusul lagu mereka MIC Drop (ft Desiigner), Fake Love, ‘Waste It on Me’ (ft Stever Aoki), Boys With Luv (ft Halsey) dan ‘Make It Right’ (ft Lauv).

Untuk comeback mereka kali ini, ada empat lagu BTS yang masuk ke Billboard Hot 100. Dimulai dari ‘Black Swan’, lalu ‘On’, My Time’, dan ‘Filter’. Lagu ‘On’ sendiri menjadi rekor terbaru BTS, karena di debutnya lagu ini berada di peringkat 4 Billboard Hot 100.

Namun sebelum BTS, ada beberapa Idol K-Pop lain yang berhasil menembus Billboard Hot 100. Siapa saja mereka? Yuk intip selengkapnya di bawah ini.

Wonder Girls

Source Image: JYP Entertainment

Idol K-Pop pertama yang berhasil menembus Billboard Hot 100 adalah girl group milik JYP Entertainment, Wonder Girls.

Pada tanggal 31 Oktober 2009 silam, lagu mereka yang berjudul ‘Nobody’ yang sebelumnya sudah jadi hits di Korea Selatan berhasil masuk ke Billboard Hot 100 di posisi 76 untuk versi English Release-nya.

Namun sayang lagu ini hanya bertahan satu minggu saja di Billboard Hot 100. Namun lagu ini tetap populer hingga saat ini, dan lagu ini dijadikan soundtrack beberapa film Hollywood seperti Penguin of Madagascar.

PSY

Tiga tahun setelah Wondergirls membuka jalan bagi artis K-Pop di Billboard Hot 100, PSY juga menggemparkan dunia dengan singlenya yang berjudul ‘Gangnam Style’.

Berbeda dengan ‘Nobody’-nya Wondergirls, ‘Gangnam Style’ ini menjadi sensasi di seluruh dunia. PSY bahkan digadang-gadang sebagai Idol K-Pop pertama yang berhasil menembus Hollywood.

Lagu Gangnam Style ini berhasil bertahan di Billboard Hot 100 selama 31 pekan, di mana lagu ini sempat tujuh pekan nangkring di peringkat 2. Setelah Gangnam Style, lagu PSY ‘Gentleman’ juga sempat 15 pekan berada di Billboard Hot 100, di susul lagu ‘Hangover’ (ft Snoop Dogg) dan ‘Daddy’ (ft CL). Namung ‘Hangover’ dan ‘Daddy’ hanya bertahan satu pekan saja.

CL

CL
Source Image: instagram.com/chaelincl

Usai berkolaborasi dengan PSY, CL juga memulai karirnya sebagai penyanyi Solo. Lagunya yang berjudul ‘Lifted‘ yang merupakan debutnya di Amerika Serikat berhasil mendapatkan atensi yang besar.

Lagu ‘Lifted’ ini berhasil masuk ke Billboard Hot 100 pada tanggal 22 Oktober 2016. Lagu ini debut di peringkat 97. Namun lagu ini cuma bertahan satu pekan saja di Billboard Hot 100.

BLACKPINK

BLACKPINK Ddu-Du Ddu-Du
BLACKPINK Ddu-Du Ddu-Du

Keputusan YG Entertainment untuk mendebutkan BLACKPINK nampaknya jadi salah satu keputusan terbaik yang pernah mereka buat. Sejak didebutkan pada tahun 2016 silam, Girl Group ini mendapatkan atensi yang begitu luar biasa di telinga para pecinta K-Pop.

Salah satu lagu yang menjadi hits secara global adalah lagu mereka yang berjudul ‘Ddu Du Ddu Du’. Dirilis pada tanggal 15 Juni 2018, dua pekan berselang lagu ini langsung menembus Billboard Hot 100.

‘Ddu Du Ddu Du’ sendiri debut di peringkat 55, namun lagu K-Pop ini hanya bertahan satu pekan saja di Billboard Hot 100.

Pinkfong

Untuk lagu ini, sebenarnya tidak bisa dikategorikan sebagai lagu K-Pop. Tetapi Pinkfong secara mengejutkan berhasil masuk Billboard Hot 100 dengan lagu mereka berjudul ‘Baby Shark’.

Ya, lagu anak-anak ini begitu populer tidak hanya di Korea Selatan. Saking populernya, lagu ini sampai dibuatkan dalam beberapa versi untuk beberapa bahasa.

Uniknya lagi, lagu ini bisa bertahan selama 20 pekan di Billboard Hot 100, di mana peringkat tertinggi lagu ini berada di peringkat 32.

You may also like

More in K-Pop

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *