Super Junior - I Think I
Source Image: SM Entertainment
K-Pop

Review Super Junior – I Think I : Karena Umur Gak Bisa Bohong

0

Aegyo.idBoygroup veteran SM Entertainment, Super Junior akhirnya merilis comeback setelah sekitar satu tahun absen yaitu dengan album berjudul ‘Time Slip‘.

Album ‘Time Slip’ ini sejatinya baru dirilis pada tanggal 14 Oktober mendatang. Namun untuk mempromosikan album ini, SM Entertainment sudah merilis Music Video dari salah satu singlenya yang ada di lagu ini yang berjudul ‘I Think I‘.

Untuk comeback kali ini, Super Junior tampil dengan formasi lengkap setelah beberapa tahun ini mereka tidak pernah tampil kompak karena masalah Wajib Militer yang datang bergantian. Namun tentunya sekelompok ELF sedikit menyayangkan comeback ini karena Kangin yang memutuskan untuk keluar dari grup beberapa waktu yang lalu.

Mimin sendiri pribadi cukup antusias menantikan comeback SuJu kali ini mengingat mereka bisa dikatakan salah satu boygroup legendaris di Korea Selatan. Nah buat kalian yang belum nonton MVnya, bisa banget ditengkok dulu MVnya di bawah ini sebelum kita mulai membahas comeback ini.

Harmoni Latin Bikin Santuy

Kalau biasanya mimin membahas MVnya dulu baru musik, untuk review ini mimin akan review musiknya terlebih dahulu.

Oke, lagu ‘I Think I’ ini dibuka dengan irama solo piano dengan nuansa latin pop. Ini melanjutkan ciri khas Super Junior yang beberapa tahun terakhir merilis lagu-lagu bernuansa Latin seperti ‘Mamacita‘ dan ‘Lo Siento‘.

Ryeowook Super Junior
Source Image: Super Junior – I Think I Music Video

Mimin jujur harus memberikan apresiasi kepada komposer lagu ini, karena ia bisa membuat lagu yang bisa memaksimalkan kemampuan Super Junior dengan optimal.

Pertama-tama, lagu ini dibuat dengan tempo yang cukup pelan. Ini membuat member Super Junior yang sudah ‘Ahjussi-Ahjussi’ ini gak gampang kehilangan nafas untuk mengejar tempo lagu.

Super Junior I - Think I
Source Image: Super Junior – I Think I Music Video

Selain itu melody lagunya juga cenderung sederhana sehingga cukup mudah diingat, terutama pada bagian pre chorus yang cukup catchy. Tidak banyak nada-nada sulit yang ada di lagu ini, sehingga lagu ini gampang dinyanyiin.

Namun kesederhanaan komposisi ini diimbangi dengan harmoni vokal yang oke punya. Dengan komposisi tim yang lengkap, komposer lagu ini memaksimalkan tiga main vocal SuJu yaitu Ryeowook, Yesung, dan Kyuhyun untuk mengambil beberapa nada tinggi yang membuat aksen lagu ini semakin manis. Selain itu harmonisasi vokal di bagian reff juga halus sehingga sangat enak didengar.

Muter-Muter Subway? Cuss

Setelah membahas musiknya yang sederhana tapi asik, kini mimin bakalan membahas MV dari ‘I Think I’ ini.

Secara garis besar selama 3 menit 44 detik ini penonton MV diajak muter-muter Subway. Jadi masing-masing member SuJu seperti mengajak penonton untuk berjalan-jalan mengelilingi stasiun bawah tanah.

Konsep MV yang tidak kalah sederhana ini mampu dikompensasikan dengan movement kamera yang halus. Jadi kesan sederhananya jadi tidak terlalu terlihat.

Super Junior - I Think I
Source Image: Super Junior – I Think I Music Video

Konsep sederhana ini juga tertutup dengan visual member SuJu yang tampil cihuy. Para ‘Ahjussi’ ini masing-masing memakai setelan suit yang gak formal, sehingga aura ketampanan mereka sukses bikin ELF mati kutu. Beberapa member yang menurut mimin visualnya kuat banget di MV ini ada Yesung, Ryeowook, dan Siwon, yang komposisi outfit sama hairstyle mereka cocok banget.

Yesung Super Junior
Source Image: Super Junior – I Think I Music Video

Salah satu yang unik dari MV ini, Director MV tidak terlalu banyak bermain pada solo shot masing-masing member. Hanya sedikit shot yang diambil secara close up, dan kebanyakan menampilkan scene grup. Ini seakan-akan ingin menggambarkan bahwa di SuJu ini emang gak ada member yang lebih dominan daripada member yang lain.

Namun emang sih sayang beberapa member gak dapat sceen time yang cukup banyak, seperti Donghae, Leeteuk, dan Shindong sementara ketiga main vocal plus Eunhyuk mendapatkan porsi screentime yang lebih banyak.

Super Junior - I Think I
Source Image: Super Junior – I Think I Music Video

Oh ia satu lagi yang unik di MV ini tidak ada Scene yang menggambarkan koreografi ini kecuali beberapa duet dance Eunhyuk dengan salah satu dancer. Kalau mimin sih lagi-lagi berspekulasi bahwa ini disengaja karena para Ahjussi ini udah berumur sehingga sebagai kompensasi tidak menampilkan dance, mereka memperkuat di harmoni vocal.

Yesung Super Junior
Source Image: Super Junior – I Think I Music Video

Overall lagu ini sangat easy listening dan ear catchy. Irama latin yang dikombinasikan dengan harmonisasi vokal yang apik membuat lagu ini jadi obat penawar rindu bagi para ELF.

Itu tadi review kami mengenai single terbaru Super Junior – I Think I, kalau menurut kalian gimana sih lagu ini? Tulis di kolom komentar ya!

You may also like

More in K-Pop

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *