K-Pop

Review Red Velvet – Psycho : Elegan, Misterius, Adiktif

0
Source Image: Red Velvet - Psycho MV

Aegyo.id – Girl Group bentukan SM Entertainment, Red Velvet resmi merilis MV dari single terbaru mereka berjudul Psycho.

Psycho merupakan bagian title track dari Album terbaru Red Velvet berjudul ‘The ReVe Festival: Finale‘. Album ini resmi dirilis berbarengan dengan peluncuran MV dari Psycho.

Bagi mimin, Psycho dan ‘The ReVe Festival: Finale’ sangat menarik untuk ditunggu. Soalnya ketika SM mengeluarkan teaser image album ini dari dua minggu yang lalu, ada nuansa yang gelap mengarah ke horor. Ini menarik banget soalnya Red Velvet jarang mengeluarkan rilisan berkonsep dark.

Jadi bagaimana hasil akhir dari Psycho ini? Simak Review lengkap Redaksi Aegyo di bawah ini. Eh tapi sebelumnya buat kalian yang belum nonton MVnya, bisa banget nonton MVnya dulu di bawah ini.

Harmoni Dalam Kegelapan

Ketika pertama kali merilis teaser image dari album dan MV ini, mimin pribadi beranggapan bahwa Psycho bakal memiliki konsep yang dark.

Namun dark di sini gak kayak hip-hop yang berat banget seperti contoh ‘Obsession’nya EXO. Mimin mengira tipe lagunya bakal mirip sama ‘Peek a Boo’ yang mereka rilis beberapa tahun yang lalu.

Source Image: Red Velvet – Psycho MV

Dan ternyata intuisi mimim terbukti benar. Lagu ini jauh banget dari kesan ‘dark’. Itungannya malah jadi kayak soft pop.

Diawali dengan beat yang lambat dan irama yang lembut, lagu ini dibuka dengan vokal neng Seulgi yang entah kenapa terasa sangat powerful dengan iringan latar musik seperti ini.

Source Image: Red Velvet – Psycho MV

Untuk bagian reffnya juga menurut mimin sangat adiktif. Harmonisasi vokal lima member Red Velvet kelihatan apik banget di bagian reff ini.

Lalu lagu ini punya setidaknya dua kejutan yang menurut mimin keren banget. Yang pertama adalah high note-nya neng Wendy di bagian Bridge yang seriusan bikin seger. Gak hanya itu, slow rapnya bu Leader, Irene juga enak banget sumpah.

Source Image: Red Velvet – Psycho MV

Jadi overall lagu ini memiliki dinamika yang bagus dan jauh dari kesan monoton seperti Zimzalabim yang rilis di awal tahun kemarin. Gak hanya itu instrumentasi dan juga harmonisasi vokalnya pas banget, jadi mimin pribadi menilai lagu ini merupakan rilisan terbaik Red Velvet di tahun 2019.

Gothic Red Velvet? Yes Please

Setelah membahas dari segi lagu, kali ini mimin bakalan membahas dari segi MVnya.

Oke, pada awal tahu judul title track kali ini adalah ‘Psycho’ minin sempat berasumsi bahwa lagu ini bakal punya konsep MV yang dark. Mimin ngelihat setidaknya ada dua MV Red Velvet sebelumnya yang bisa jadi rujukan, yaitu ‘Peek a Boo’ yang semi-semi Thriller sama ‘Russian Roulette’ yang tingkahnya di MV itu beneran kayak Psycho.

Source Image: Red Velvet – Psycho MV

Eh tapi lagi lagi nih, SM Entertainment sukses membuat mimin tertipu. Gimana enggak? MV ini jauh dari kesan dark seperti dua MV yang mimin sebutin tadi.

Satu-satunya yang dark dari MV ini adalah konsep make up dan kostum member Red Velvet yang bertema gothic. Tapi apakah mereka seram dengan dandangan Gothic? Oh tentu tidak! Malahan di MV ini cantiknya member Red Velvet ini kebangetan banget malah.

Source Image: Red Velvet – Psycho MV

Director MV ini kayaknya pengen manjain ReVeluv. Gimana enggak? Porsi close up shootnya di MV ini banyak banget, sehingga kecantikan setiap member Red Velvet tertangkap dengan sempurna.

Untuk koreografi dari MV ini kayaknya masih B aja. Gak ada gerakan yang cukup jadi highlight sehingga koreonya cenderung jadi pemanis aja dari MV ini.

Source Image: Red Velvet – Psycho MV

Overall ini rilisan yang super oke dari Red Velvet di penghujung tahun ini. Dari segi musik dan MV benar-benar maksimal, sehingga menurut mimin pribadi dari tiga single yang dikeluarkan Red Velvet di tahun 2019, single ini merupakan single terbaik.

You may also like

More in K-Pop

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *