iKON - Dive
Source Image: iKON - Dive Official MV
K-Pop

Review iKON – Dive: Permulaan Baru yang Menyegarkan!

0

Aegyo.id – Boygroup YG Entertainment, iKON resmi comeback pada hari Kamis (6/2). iKON kembali dengan single terbaru mereka berjudul ‘Dive’.

Lagu ‘Dive’ ini merupakan title track dari album terbaru mereka berjudul ‘I Decide’ yang juga dirilis per hari ini di Korea Selatan.

Comeback ini sebenarnya dijadwalkan digelar di tahun 2019 kemarin. Namun karena ada skandal yang menimpa B.I, maka comeback itu harus ditunda.

Comeback ini juga banyak ditunggu-tunggu oleh para ikonik. Ini dikarenakan iKON Sendiri sudah lama tidak comeback setelah album terakhir mereka terakhir rilis di tahun 2018 kemarin.

Comeback ini juga spesial karena ini kali pertama mereka comeback dengan komposisi enam member. Bagaimana jadinya lagu yang dibuat oleh B.I ini? Simak review kami untuk iKON – Dive di bawah ini.

Berikan Sensasi Segar

iKON - Dive
Source Image: iKON – Dive Official MV

Seperti biasa, kami akan membuat review iKON – Dive ini dimulai dari aspek musiknya terlebih dahulu.

Sejak debut mereka di tahun 2015 silam, iKON memang merupakan tipikal Boygroup YG Entertainment yang kental dengan nuansa Hip Hop. Namun perlahan tapi pasti, musik mereka mulai bertransformasi.

iKON - Dive
Source Image: iKON – Dive Official MV

Transformasi pertama yang mimin lihat saat mereka merilis WYD di tahun 2016 lalu dilanjutkan Love Scenario di tahun 2018. Menurut mimin Dive merupakan kelanjutan dari proses evolusi ini.

Masih mempertahankan Hip Hop sebagai fondasi dari musik mereka, kali ini iKON mencoba memadukan unsur country dalam lagu mereka. Hasilnya? EPIC pake BANGET!

iKON - Dive
Source Image: iKON – Dive Official MV

Di awal lagu ini, pendengar sudah disajikan dengan alunan harmonika dan petikan gitar khas musik-musik Country. Namun perpaduan beat hip-hop dan permainan synth membuat lagu ini menjadi tidak monoton dan mengundang para pendengarnya untuk berjoged mengikuti irama.

Namun minusnya menurut mimin, kombinasi antara country dan hip hop ini sudah cukup lazim di musik-musik Amerika Serikat. Contoh ada beberapa part yang menurut mimin mirip dengan beberapa lagu Avicii seperti ‘Wake Me Up‘ sehingga lagu ini seperti tidak asing di telinga. Namun komposisi ini cukup layak mendapatkan apresiasi karena tidak banyak lagu K-Pop yang mencoba memadukan K-Pop dan Country.

Jadi dari segi musik, kami rasa lagu ini layak mendapatkan nilai 4 dari 5.

Sederhana tapi Mengena

iKON - Dive
Source Image: iKON – Dive Official MV

Setelah membahas dari segi musik, kali ini mimin akan memberi review iKON – Dive dari segi music Video.

Secara garis besar, MV ini sebenarnya tergolong sederhana. Hampir semua shoot mereka lakukan di dalam studio, hanya bedanya terletak pada pergantian set dan juga efek.

Namun jangan salah, sederhana bukan berarti tidak bagus. Menurut mimin pribadi, aspek visual pada MV ini cukup kuat, terutama di scene di bawah ini, di mana seragam merah member iKON terlihat kece banget dipaduin sama set studio yang berwarna hitam.

iKON - Dive
Source Image: iKON – Dive Official MV

Selain itu MV Directornya juga adil dalam memberikan screentime kepada enam member iKON. Beberapa solo shotnya juga kece banget dan menurut mimin ada beberapa solo shot yang bikin iKONIC klepek klepek seperti yang di bawah ini.

iKON - Dive
Source Image: iKON – Dive Official MV

Untuk koreografinya sendiri juga tergolong biasa. Tidak ada gerakan-gerakan yang cukup eye catching, padahal beat lagu Dive ini asik banget dibuat joged. Sayang sekali..

Jadi jika dirangkum, MV ini adalah MV yang bagus. Tetapi gak ada elemen yang begitu spesial dalam aspek visual MV ini, sehingga menurut mimin dari aspek MV, lagu iKON – Dive ini layak mendapatkan skor 3 dari 5.

You may also like

More in K-Pop

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *