K-Pop

Review BTS – ON : Pengukuhan Status ‘Global Idol’

0
Source Image: BTS - ON Official MV

Aegyo.id – Setelah menunggu sekitar satu bulan, penantian ARMY akhirnya resmi berakhir hari ini. Sore tadi, boy group favorit mereka, BTS resmi comeback dengan single terbaru mereka berjudul ‘ON‘. Seperti biasa, tim aegyo akan membuat review BTS – On ini.

Comeback ini sebenarnya tidak hanya ditunggu oleh ARMY tetapi juga oleh para penggemar K-POP. Maklum, dua tahun terakhir BTS bisa dikatakan idol group terbaik di dunia, di mana popularitas mereka meroket tidak hanya di Korea tetapi juga di seluruh dunia.

Ekspektasi besar juga ada pada comeback ini. Maklum, single comeback terakhir mereka, Boys With Luv mendapatkan resepsi dan apresiasi yang sangat bagus di seluruh dunia.

Tak afdhol rasanya jika tim Aegyo tidak mereview lagu BTS – On ini. Nah baca yuk review kami di bawah ini.

Semakin Dewasa dan Global

Source Image: BTS – ON Official MV

Seperti biasa, mimin akan mencoba mulai memberi review BTS – On ini dari aspek musiknya terlebih dahulu.

Sebagai idol dengan status ‘Global Idol Group’, corak musik BTS dalam dua tahun terakhir bisa dikatakan berevolusi. Lagu-lagu mereka perlahan-lahan meninggalkan ciri khas musik-musik K-Pop dan bertranformasi menjadi musik-musik yang bersifat lebih Global, alias lebih ke arah America-ish, dan itu semakin kentara di comeback kali ini.

Sejak ‘pengantar’ dari On ini dirilis yaitu ‘Shadow’ yang dinyanyikan Suga dan ‘Black Swan’ dirilis, mimin udah punya firasat bahwa title track Map of the Soul: 7 ini bakal punya karakteristik yang berbeda dengan ‘Boys with Luv’. BWL sendiri lagu yang tergolong ringan dan easy listening, sementara mimin melihat ‘Black Swan’ dan ‘Shadow’ lebih berat dan dark, sehingga title tracknya tidak jauh berbeda, dan dugaan mimin itu benar-benar terbukti.

Source Image: BTS – ON Official MV

Ini bukan kali pertama BTS comeback dengan konsep yang ‘berat’, karena dahulu mereka pernah merilis ‘Blood Sweat & Tears’ dan ‘Fake Love’. Namun jika dibandingkan dua lagu itu, ‘ON’ bisa dikatakan berada di level yang berbeda. Lagu ini benar-benar tipikal lagu-lagu barat yang populer.

Secara komposisi lagu juga cukup menarik. Mereka memasukkan unsur perkusif dari Marching Band sehingga kesan maskulin dari lagu ini semakin terpancar. Dinamika lagu juga variatif sehingga kesan monoton tidak terpancar di lagu ini.

Source Image: BTS – ON Official MV

Pemilihan konsep lagu seperti ini sepertinya menegaskan bahwa BTS memang tidak hanya mau menjadi ‘Idol’ jago kandang di Korea saja, tetapi mereka juga ingin menjadi ‘idol group’ yang disegani di seluruh dunia. Ini terbukti dari kolom komentar MV ini penuh dengan komentar dari fans global.

Namun satu catatan mimin untuk lagu ini adalah lagu BTS – On ini adalah lagu ini tidak terlalu ramah di telinga. Dalam artian, genre ini memang cukup digemari saat ini. Namun meski genre ini populer, namun secara global juga tidak sedikit yang kurang suka dengan genre ini, sehingga menurut mimin pribadi, penerimaan lagu ini masih kurang jika dibandingkan dengan Boys With Luv yang mampu masuk ke semua kalangan. Namun sekali lagi, ini sebenarnya jadi masalah preferensi saja sih.

Source Image: BTS – ON Official MV

Jadi jika mimin Aegyo harus memberikan nilai untuk aspek musik BTS – On ini, mimin hanya bisa memberikan 4.5 dari 5.

Kualitas Visual yang Ciamik

Source Image: BTS – ON Official MV

Setelah membahas masalah musik, kini mimin akan mencoba memberi review BTS – On dari sisi visualnya.

Oke untuk pertama mimin bahas dari segi MVnya dulu. Berbeda dengan MV-MV BTS sebelumnya, MV On ini tidak menghadirkan side story. MV ini benar-benar fokus pada performance dan dance dari member BTS karena mengambil konsep Kinetic Manifesto Film, yang fokus pada setiap gerakan member BTS. Mimin pribadi sih sedikit menyayangkan ini, karena Mimin adalah penikmat kisah-kisah konspirasi dari MV BTS muahahahahhaha.

Oh iya karena MV ini fokus pada gerakan member BTS, DOP MV ini sering sekali memberikan close up shot dari setiap member, dan mimin berani taruhan deh ARMY pada kembang kempis setiap scene close up member, apalagi Jongkook karena menurut mimin doi yang paling ‘ekspresif’ dan ‘menggoda’ di MV ini.

Source Image: BTS – ON Official MV

Namun jangan salah, kualitas visual MV ini gak kalah dari MV-MV lainnya. Meski memang kesannya lebih simple, namun secara sudut pengambilan gambar, camera movement mampu menghasilkan kesan yang megah. Hal ini ditunjang dengan backup dancer dan juga marching band di MV tersebut.

Source Image: BTS – ON Official MV

Untuk urusan koreografinya pun layak mendapatkan apresiasi. Koreografi On ini tergolong salah satu koreo terintens yang dimiliki BTS, sehingga kesan maskulin dan coolnya kerasa banget. Dance breaknya juga on poin banget dan cocok dengan alunan musiknya.

Namun sayang elemen penunjang visual dari MV ini tidak terlalu banyak. Outfit para member hanya memainkan warna Monochrome sehingga kesannya memang terlalu simple. Namun menurut mimin kesimpel-an ini diimbangi dengan aksi panggung yang ciamik bukan hanya dari member BTS tetapi juga dari backup dancer dan juga Marching Bandnya.

Source Image: BTS – ON Official MV

Untuk itu, mimin memberikan nilai 4.5 dari 5.

Itu tadi review BTS – On dari tim Aegyo. Bagaimana pendapat kalian mengenai MV ini? Yuk bagikan pendapat kalian di bawah ini.

You may also like

More in K-Pop

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *