K-Pop

Review AKMU – How Can I Love the Heartbreak, You’re the One I Love : Dewasa, Dalam, dan Bikin Ambyar

0
AKMU, Akdong Musician
Source Image: YG Entertainment

Aegyo.id – Setelah beberapa bulan ini vakum, YG Entertainment membuat kejutan di penghujung bulan September 2019. Mereka resmi mengumumkan comeback salah grup musik yang mereka naungi, yaitu AKMU atau Akdong Musician.

AKMU terdiri dari kakak beradik yang terdiri dari sang kakak, Lee Chanyuk yang berposisi sebagai gitaris dan vokalis sementara sang adik Lee Suhyun yang menjadi vokalis.

Ini merupakan comeback yang sudah lama dinantikan oleh para penggemar AKMU. Pasalnya hampir dua tahun lebih AKMU vakum karena Chanyuk harus menunaikan wajib militer.

Kali ini mereka akan comeback dengan album berjudul ‘Sailing’ dengan title tracknya yang berjudul ‘How Can I Love the Heartbreak, You’re the One I Love’.

Dari judul lagu saja, mimin sudah sangat penasaran bagaimana lagu ini akan dikemas oleh kakak-beradik jenius ini. Buat yang belum nonton MV lagunya, bisa nonton dulu di bawah ini.

Ketika Idolamu Beranjak Dewasa

AKMU, Akdong Musician
Source Image: YG Entertainment

Jika biasanya mimin akan membahas elemen MVnya dulu, khusus untuk lagu ini mimin akan membahas dari sisi musik.

Sejak dikenal publik atas partisipasi mereka di K-Pop Star, AKMU selalu dikenal memiliki musik yang ceria dengan lirik-lirik yang nakal dan jenaka. Inilah mengapa Hyang Hyun Suk memutuskan untuk merekrut mereka ke YG Entertainment.

Dari debut mereka hingga sebelum Chanyuk Wamil, setiap lagu AKMU ini selalu punya musikalitas yang sangat bagus. Hampir di setiap comeback mereka, mereka membawakan konsep musik yang baru, sehingga para penggemarnya selalu dibuat penasaran di setiap comeback mereka.

Ketika pertama kali mimin melihat judul ‘How can I love the heartbreak, you’re the one i love’ mimin merasa akan ada perubahan dari musik mereka. Dan tebakan mimin ternyata tepat, karena ternyata mereka comeback dengan lagu berkonsep ballad,.sebuah konsep yang sangat jarang mereka bawakan di album-album sebelumnya.

Karena dari judul saja sudah menunjukkan keambyaran yang luar biasa, pada awalnya mimin menonton MVnya tanpa mengaktifkan fitur cc di Youtube agar bisa lebih fokus pada musiknya.

Seperti lagu-lagu Ballad pada umumnya, lagu ini menggunakan Piano sebagai instrumen utama dengan sesekali dibantu dengan gesekan cello. Sungguh tergolong sederhana jika dibandingkan dengan lagu-lagu AKMU sebelumnya.

Tapi apakah dengan alat musik yang minim hasilnya minimalis juga? Oh tentu tidak, dan bahkan menurut mimin pribadi, dengan instumentasi yang minim, lagu ini jauh lebih indah dari lagu-lagu AKMU sebelumnya.

Dengan iringan piano, suara vokal Suhyun yang kuat dan berkarakter menjadi lebih menonjol dan menunjukkan nuansa sincerity yang benar-benar luar biasa. Chanyuk juga memberikan harmonisasi vokal yang pas, sehingga kesan anggun dari lagu ini seakan-akan memberikan peneguhan untuk saat-saat yang sulit.

Dan mimin harus mengakui bahwa ada setitik air mata yang mengalir di ujung mata mimin saat mendengarkan lagu ini. Setelah lagu ini habis, mimin mencoba memutar kembali dengan fitur CC dinyalakan. Hasilnya? Ambyar sekali! Kalau kalian gak mau mrebes mili, jangan aktifin fitur CCnya yang bakal nunjukkan lyric lagu ini.

Visual Sederhana Tapi Mengena

Source Image: AKMU – ‘How Can I Love the Heartbreak, You’re the One I Love’ MV

Dengan genre musik dan juga pilihan melody yang sederhana, AKMU juga menggunakan konsep visual yang sederhana di MV ini.

Tidak ada editing-editing jenaka, efek-efek yang ajaib atau akting-akting yang mengocok perut yang biasa akan kalian temukan di MV AKMU lainnya. Hanya kesederhanaan yang ditampakkan di MV ini.

Source Image: AKMU – ‘How Can I Love the Heartbreak, You’re the One I Love’ MV

Hanya ada tiga scene yang menjadi storyline MV ini, yaitu ketika Chanyuk sedang melukis, Suhyun yang sedang menulis surat dan kedua bersaudara ini berlayar di tengah samudera.

Menggunakan warna biru pastel sebagai mood dasar, MV ini berhasil memberikan nuansa yang menenangkan dan nyaman di mata, sehingga duet vokal Chanyuk dan Sihyun menjadi lebih meresap.

AKMU - 'How Can I Love the Heartbreak, You're the One I Love
Source Image: AKMU – ‘How Can I Love the Heartbreak, You’re the One I Love’ MV

Secara overall, lagu ini menurut mimin adalah awal dari evolusi musik AKMU. Mereka mulai meninggalkan kesan kekanak-kanakan mereka dan menunjukkan bahwa mereka sudah beranjak dewasa dengan lagu ini.

Pilihan instrumen musik dan melody yang sederhana ternyata mampu memberikan dampak yang sangat kuat, apalagi ditambah dengan pilihan lyric yang menyayat hati. Selamat ambyar teman-teman!

You may also like

More in K-Pop

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *