K-Pop

Rangkuman Manipulasi Voting Produce 101 Season 1 -2, Produce 48, Produce X 101

0

Aegyo.id – Media kenamaan Korea Selatan, Dispatch membeberkan rincian manipulasi voting program survival Show Mnet, Produce Series.

Kasus manipulasi voting Produce series ini pertama kali terungkap setelah Produce X 101 selesai digelar. Pada awal Oktober lalu, Kepolisian Korea Selatan mengadakan investiagasi terkait dugaan manipulasi voting dari season keempat dari Produce Series ini.

Setelah melakukan penyelidikan, produser dari Produce Series Ahn Joon Young ditahan oleh Kepolisian Korea Selatan. Ia mengakui bahwa ia melakukan manipulasi untuk voting Produce X 101 sehingga berpengaruh pada line up debut X1.

Setelah penyelidikan lebih mendalam, terungkap bahwa dalam Produce X 101 bukan satu-satunya produce series yang ia manipulasi. Seluruh Produce Series mulai Produce 101 Season 1, Produce 101 Season 2 dan Produce 48 ternyata dimanipulasi.

Dispatch berhasil mendapatkan data mengenai rincian manipulasi yang dibuat Ahn Joon Young dan timnya selama 4 season Produce series. Berikut Redaksi Aegyo rangkumkan manipulasi yang terjadi di setiap season.

Produce 101 Season 1

Source Image: Dispatch

Untuk Produce 101 Season 1, Ahn Joon Young melakukan manipulasi rangking dua member pada babak eliminasi pertama.

Di season 1, ada 101 trainee yang ikut dalam program ini. Di Eliminasi pertama, dari 101 itu dipangkas menjadi 61 trainee, di eliminasi kedua dari 61 trainee menjadi 35 trainee, eliminasi ketiga dari 35 trainee menjadi 22 trainee dan eliminasi terakhir menjadi line up debut I.O.I.

Diketahui pada tanggal 12 Februari 2016, Ahn Joon Young melakukan manipulasi terhadap hasil voting eliminasi pertama. Ada dua trainee, A dan B (*bukan inisial sebenarnya) yang seharusnya berada di 61 besar. Namun posisi mereka digantikan dengan trainee C dan D yang seharusnya tereliminasi di babak pertama ini.

Produce 101 Season 2

Source Image: Dispatch

Untuk Produce 101 Season 2, pelaku manipulasi tidak hanya Ahn Joon Young saja. Diketahui Kim Yong Boom, selaku Eksekutif Producer Produce 101 Season 2 juga melakukan manipulasi.

Di awal Mei 2017, Ahn Joon Young diketahui sudah memilih langsung 11 daftar line up Season kedua saat program baru berjalan beberapa bulan. Ia juga diketahui ‘mendepak’ salah satu trainee E yang seharusnya berada di 60 besar pada Eliminasi pertama dan menggantikannya dengan trainee F.

Sementara manipulasi yang dilakukan Kim Yong Boom lebih besar. Ia melakukan manipulasi suara pada saat episode Final Produce 101 Season 2, di mana ia memanipulasi pre-online voting dan juga voting SMS di Final.

Hasil dari manipulasi itu, Trainee G yang seharusnya masuk ke daftar line up final digantikan oleh trainee H yang kemudian terpilih menjadi member Wanna One.

Produce 48

Source Image: Dispatch

Sama seperti motif di Season 2, Produce 48 ini kembali dimanipulasi oleh Ahn Joon Young dan Kim Yong Boom.

Pada awal, kedua orang ini menggelar rapat tertutup. Mereka sejak awal sudah memetakan sejumlah trainee yang potensial untuk menjadi line up debut IZ*ONE. Tidak hanya itu mereka juga menyusun rencana untuk menyingkirkan trainee yang dirasa tidak cocok untuk tampil di siaran langsung Produce 48.

Pada tanggal 29 Agustus 2018 kedua sosok ini menggelar rapat di ruang rapat CJ ENM, beberapa hari sebelum episode final Produce 48. Di sini mereka langsung memilih 12 trainee dari 20 finalis Produce 48 yang mereka rasa cocok dengan konsep yang mereka inginkan.

Pada episode final ini, tercatat 468.290 orang menghasilkan 559.169 votes untuk para trainee, namun voting ini sia-sia karena keduanya sudah menetapkan pilihan line up mereka. CJ ENM dikabarkan meraih keuntungan sebesar 36 juta won atas voting ini.

Produce X 101

Source Image: Dispatch

Untuk Produce X 101 sendiri, pelakunya masih tetap sama yaitu Ahn Joon Young dan Kim Yong Boom. Namun jumlah manipulasi yang mereka lakukan kali ini lebih banyak.

Manipulasi pertama yang terjadi di babak eliminasi pertama. Mereka melengserkan Trainee I yang seharusnya berada di 60 besar dan digantikan dengan trainee J yang seharusnya tereliminasi.

Manipulasi kedua terjadi di babak eliminasi ketiga. Trainee K dan L seharusnya berada di finalis 20 besar untuk final, namun mereka berdua dilengserkan dan digantikan Trainee M dan N yang seharusnya tereliminasi.

Manipulasi ketiga terjadi di Episode FInal, di mana mereka sudah menetapkan member line up sebelumnya. Tercatat ada 1.787.877 orang yang menciptakan voting sebesar 1.9333.832 di episode final, di mana CJ ENM meraih keuntungan nsebesar 88 juta Won dari hasil voting ini.

You may also like

More in K-Pop

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *