Source Image: SM Entertainment
K-Pop

Para SubUnit Girl Group K-Pop Legendaris, Irene & Seulgi selanjutnya?

0

Aegyo.idSM Entertainment dalam hitungan hari akan mendebutklan subunit girl group terbaru mereka. Subunit itu adalah subunit dari Red Velvet, Irene & Seulgi.

Debut Irene & Seulgi ini akan menjadi subunit pertama dari Red Velvet. SM Entertainment sendiri sudah cukup lama tidak mendebutkan subunit, terutama pada girl group mereka.

Seperti namanya, subunit biasanya merupakan ‘pecahan’ dari sebuah idol group. Ada banyak alasan mengapa sebuah subunit dibuat, seperti untuk memaksimalkan talenta dari beberapa member yang punya talenta yang mirip.

Biasanya popularitas subunit ini masih kalah dari popularitas idol group mereka secara utuh. Namun beberapa subunit juga memiliki popularitas yang sangat besar karena fans loyal dengan member tersebut.

Bahkan beberapa subunit girl group punya beberapa penampilan yang legendaris. Siapa saja subunit tersebut? Yuk intip di bawah ini.

Orange Caramel

Source Image: Pledis Entertainment

Subunit girl group legendaris pertama adalah subunit dari After School, Orange Caramel.

Subunit ini didebutkan oleh Pledis Entertainment di tahun 2010 beranggotakan tiga member After School yakni Nana, Raina dan Lizzy. Mereka menarik perhatian karena konsep mereka yang unik dan terhitung nyleneh jika dibandingkan dengan girl group pada umumnya.

Lagu debut mereka, ‘Magic Girl’ mendapatkan popularitas yang sangat besar. Namun puncak popularitas mereka terjadi di tahun 2014 di mana mereka merilis lagu Catalena yang booming di Korea Selatan.

T-ara N4

Source IMage: MBK Entertainment

Subunit girl group kedua yang menyandang status subunit legendaris adalah sub unit dari T-ara (baca: Tiara), yaitu T-ara N4.

T-ara yang memiliki reputasi yang besar di tahun 2009-2012 itu mendebutkan sub unit bernama T-ara N4, di mana anggotanya adalah Eunjung, Hyomin, Jiyeon dan Areum.

Single debut mereka, Jeon Won Diary mendapatkan resepsi yang bagus di jagad K-Pop. Namun sayang subunit ini tidak berlangsung lama, karena di tahun 2014 Areum memutuskan keluar dari T-ara.

Sistar19

Source Image: Starship Entertainment

Meski hanya memiliki empat member, girl group SISTAR pernah memiliki sebuah subunit. Subunit itu bernama Sistar19.

Subunit ini terdiri dari dua member SISTAR, yaitu Hyorin dan Bora. Debut Sistar19 ini langsung viral dengan lagu mereka berjudul Ma Boy yang memiliki koreografi yang menantang.

Single kedua subunit ini yang berjudul ‘Gone Not Around Any Longer’ juga sempat memuncaki Gaon Chart di tahun 2013. Namun subunit ini kemudian mulai jarang aktif karena popularitas SISTAR yang melejit sejak tahun 2013.

AOA Black

Source Image: FNC Entertainment

Girl group berikutnya yang memiliki sub unit legendaris adalah girl group bentukan FNC Entertainment, AOA.

AOA yang pada awalnya memiliki delapan member dibuatkan tiga sub unit, yaitu AOA Black, AOA White dan AOA Cream. Namun dari ketiga sub unit ini, AOA Black yang cukup menyita perhatian karena konsep mereka yang membuat Jimin, Yuna, Choa, Mina dan Youkyung menjadi girl band, di mana masing-masing memainkan alat musik.

Namun sayang subunit ini tidak bertahan lama, karena ditinggal beberapa membernya seperti Youkyung yang meninggalkan FNC di tahun 2016, lalu disusul Choa dan juga yang terakhir Mina di tahun 2019.

TTS

Source Image: SM Entertainment

Subunit girl group legendaris berikutnya adalah subunit dari girl group yang disebut-sebut sebagai girl group terbaik dalam satu dekade terakhir, SNSD.

Di tahun 2012, SNSD mendebutkan subunit pertama mereka bernama TTS yang merupakan singkatan dari tiga membernya, Tiffany, Taeyeon dan Seoyeon. Sub unit ini debut dengan single berjudul ‘Twinkle’ yang merajai hampir seluruh chart music Korea Selatan.

Subunit ini sempat merilis tiga mini album, namun subunit ini hiatus sejak tahun 2017 saat Tiffany dan Seohyun memutuskan tidak memperpanjang kontraknya di SM Entertainment.

You may also like

More in K-Pop

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *