NCT Dream
Source Image: twitter.com/NCTsmtown_DREAM
K-Pop

NCT Dream: Bukti Nyata Bahwa Anak Tiri itu Memang Ada

0

Aegyo.idSM Entertainment baru-baru ini membuat sebuah pengumuman penting mengenai NCT Dream. Sub Unit ketiga NCT itu direncanakan akan menggelar konser tunggal pada bulan November 2019 ini.

Konser ini merupakan konser yang spesial bagi NCT Dream. Pasalnya ini adalah konser tunggal pertama mereka semenjak mereka debut di tahun 2016 silam.

Konser ini juga semakin spesial karena ini konser pertama dan berpotensi menjadi konser terakhir mereka dengan line up original mereka.

Buat yang belum tahu, NCT Dream memiliki konsep graduasi. Setiap member yang berusia 20 tahun (usia Korea) harus meninggalkan grup ini dan digantikan oleh member NCT lain yang berusia di bawah 20 tahun, di mana tahun 2018 kemarin Mark resmi ‘lulus’ dari NCT Dream.

Untuk tahun 2019 ini, akan ada lebih banyak kelulusan di NCT Dream. Empat dari enam member mereka saat ini, Renjun, Jeno, Haechan, dan Jaemin dipastikan bakal lulus karena mereka sudah berusia 20 tahun kali ini.

Namun di momen yang spesial ini, SM Entertainment malah kembali menunjukkan sisi mereka sebagai ‘Ibu Tiri’ bagi NCT Dream. Mengapa Demikian? Simak ulasannya di bawah ini.

Venue Konser

NCT Dream
Source Image: twitter.com/NCTsmtown_DREAM

Sebagai pelepasan dari empat member NCT Dream ini, para NCTzen berharap konser ini akan menjadi konser yang spesial. Namun nyatanya tidak demikian.

Konser ini direncanakan akan digelar di Jangchung Gymnasium pada tanggal 16 dan 17 November 2019. Gymnasium ini terdiri dari dua lantai, dengan pembagian lantai bawah memiliki kapasitas 1650 kursi dan lantai atas memiliki kapasitas sebesar 2968 kursi, dengan kapasitas total 4618 kursi.

Tak ayal pemilihan venue ini menuai kritikan keras dari para NCTzen. Maklum, karena konser ini adalah konser pertama dan berpotensi menjadi konser perpisahan, sehingga para NCTzen ingin venue yang lebih besar untuk konser ini.

Tidak sedikit NCTzen yang mulai membandingkan dengan ‘saudara’ Dream, NCT 127. NCT 127 sudah beberapa kali menggelar konser tunggal, di mana mereka diberi venue di Olympic Park yang memiliki kapasitas 15 ribu penonton dan KSPO Dome yang berkapasitas sekitar 15 ribu penonton juga.

Gara-gara pemilihan venue ini, sejumlah NCTzen kembali menuding SM Entertainment pilih kasih terhadap Dream. Mengapa bisa demikian?

Tidak Dilirik

NCT Dream
Source Image: twitter.com/NCTsmtown_DREAM

Pada bulan Juli 2016, SM Entertainment mengumumkan sub unit kedua NCT, yaitu NCT 127 disusul satu bulan kemudian mereka mendebutkan sub unit ketiga NCT, yaitu NCT Dream.

Meski hanya berselisih usia satu bulan, namun ada perbedaan nasib yang berbeda antara NCT 127 dan NCT Dream. NCT 127 terlihat lebih mendapat ‘push’ daripada NCT Dream.

Dalam tiga tahun terakhir, NCT 127 diberikan enam kali comeback, sementara NCT Dream hanya diberikan tiga kali comeback. NCT 127 bahkan sudah mendapatkan debut di Amerika Serikat, sementara NCT Dream masih mendapatkan kesempatan yang terbatas untuk konser di luar Korea Selatan.

Dengan perlakuan tersebut, tidak heran ketika banyak yang menilai NCT 127 lebih disayang oleh SM Entertainment ketimbang NCT Dream.

Lebih Berprestasi

NCT Dream
Source Image: twitter.com/NCTsmtown_DREAM

Jika melihat prestasi NCT 127 dan NCT Dream, menurut mimin pribadi, NCT Dream layak mendapatkan perlakuan yang lebih baik dari SM Entertainment.

Prestasi yang paling bisa diukur adalah dari penjualan album. Secara head to head, penjualan album NCT Dream jauh lebih bagus daripada NCT 127.

Untuk album pertama, NCT 127 berhasil menjual 114.713 album sementara Dream hanya mampu menjual 102.531 album. Namun di album keduanya, Dream berhasil menjual 217.788 album, sementara album 127 yang paling dekat dengan album itu, ‘Cherry Bomb‘ hanya terjual 165.985.

Untuk album terakhir mereka, album NCT 127 ‘We Are Superhuman‘ terjual 282.692 sementara ‘We Boom‘nya NCT Dream terjual 328.716 copy.

Jika melihat angka penjualan itu, mimin merasa bahwa NCT Dream layak mendapatkan perlakuan yang lebih baik dari SM Entertainment.

Namun jika sobat Aegyo pernah menonton kartun Cinderella, meski Cinderella anak yang baik dan penurut, namun Sang Ibu Tiri tetap memperlakukannya dengan kurang baik ketimbang saudara tirinya.

Semoga saja SM Entertainment bisa berpikir ulang dan memberikan konser yang lebih baik untuk NCT Dream ya!

You may also like

More in K-Pop

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *