K-Pop

Mungkinkah X1 Re-Debut Menjadi Idol Group Baru?

0

Aegyo.id – Keputusan pembubaran X1 oleh CJ ENM nampaknya masih sulit diterima oleh One It (sebutan fans X1). Mereka masih belum rela melihat Kim Yohan dkk harus bubar prematur.

Buat kalian yang tidak tahu, X1 adalah boygroup yang dibentuk dari program reality show Produce X 101. Namun baru sekitar empat bulan debut, group ini resmi dibubarkan karena skandal manipulasi voting.

Pembubaran X1 setelah digantung sekitar tiga bulan ini membuat shok para One It. Sejak pengumuman pembubaran ini keluar, mereka terus menolak kenyataan dan menuntut X1 debut kembali sebagai group baru.

Protes yang dilakukan One it tergolong konsisten di dunia maya. Bahkan sekarang protes ini melebar ke dunia nyata, di mana pada hari ini, Rabu (22/1/2019) ada ratusan One It yang melakukan protes di depan gedung CJ ENM di daerah Sangnam, Seoul.

Ada tiga tuntutan yang mereka suarakan. Namun intinya adalah mereka meminta CJ ENM mendebutkan ulang X1 menjadi idol group baru. Pertanyaannya adalah mungkinkah itu terjadi?

Bukan Hal Baru

HINAPIA
Source Image: twitter.com/hinapiaOfficial

Bagi sebuah idol group melakukan re-debut sebenarnya bukan barang baru di dunia K-Pop.

Sebagai contoh yang terbaru, setelah Pristin dibubarkan oleh Pledis Entertainment, sebagian besar mantan member mereka pindah ke OSR Entertainment dan debut ulang menjadi Hinapia. Ada juga Dreamcatcher yang melakukan rebranding setelah sebelumnya dikenal sebagai MINX.

Namun biasanya idol-idol group yang melakukan re-debut ini biasanya adalah idol-idol yang kurang laku. Pada saat mereka re-debut, mereka biasanya akan mengubah konsep group mereka dan beberapa ada yang re-debut dengan member yang sama, namun kebanyakan ada pengurangan atau penambahan member.

Namun ada idol group besar yang melakukan redebut. Sebagai contoh saat TVXQ pecah di tahun 2009, tiga member mereka, Jaejoong, Yoochun dan Junsu debut sebagai idol group baru bernama JYJ.

Jadi apakah X1 bisa melakukan re-debut? Jika melihat teorinya sih seharusnya bisa-bisa saja dilakukan.

Hadirkan Keuntungan Besar

Mimin sendiri yakin, para petinggi CJ ENM hingga saat ini masih cukup menyesalkan pembubaran X1. Mimin juga yakin mereka tertarik untuk mendebutkan X1 sebagai idol group baru. Mengapa demikian? Sederhana saja sih alasannya, yaitu karena uang.

Semenjak era I.O.I, Wanna One, IZ*ONE , idol group jebolan Produce Series selalu menghadirkan keuntungan besar. Hal itu juga berlaku terhadap X1.

Album pertama sekaligus terakhir mereka, Quantum Leap meledak di pasaran. Dari data terakhir yang masuk, album ini tercatat terjual sebanyak 642.583 copies di pasaran.

FYI aja sih, menjual album lebih dari 100 ribu copies itu sudah dianggap sebagai sebuah pencapaian besar bagi sebuah idol group. Dalam dua tahun terakhir, hanya idol-idol group besar yang bisa menjual angka sebanyak itu.

Bayangkan, baru debut aja nih udah laku segitu banyak. Bayangin kalau mereka setahun tiga kali comeback, terus ditambah pemasukan world tour, penjualan merchandise, kerjasama iklan dll, bakal mandi uang kan CJ ENM. Makanya CJ ENM sejak awal mencoba untuk mempertahankan X1, tapi sayang emang gak bisa terwujud.

Akar Masalah

X1
Source image: twitter.com/x1official101

Sebenarnya untuk mendebutkan ulang X1 ini sebenarnya pekerjaan gampang. Para fansnya masih bersatu ingin melihat mereka kembali, sejumlah member juga sering kode-kodean ngupload foto di medsos masing-masing. Namun yang menjadi masalah pertama dan utama sekaligus masalah yang sama mengapa X1 dibubarkan adalah agensi para member.

Buat kalian yang enggak tahu, jadi pada saat X1 dibubarkan, CJ ENM memanggil semua agensi masing-masing member yang berjumlah sembilan agensi. Pada awal pertemuan, kesembilan agensi menyepakati bahwa mereka akan melanjutkan proyek X1 jika kesembilan agensi satu suara. Namun menurut laporan yang diturunkan Dispatch, Empat agensi menolak untuk melanjutkan proyek X1, sehingga proyek ini tidak jadi dilanjutkan.

Dengan penolakan yang dilakukan empat agensi ini, rasa-rasanya bakal sulit untuk mendebutkan ulang X1. Pasalnya agensi-agensi yang menolak ini tentu sudah memiliki rencana sendiri untuk para traineenya tersebut. Sebagai contoh Han Seung Woo yang mungkin bisa melanjutkan aktivitasnya bersama VICTON atau Kim Woo Seok yang bisa melanjutkan aktivitas bersama UP10TION.

Beberapa member lain bahkan sudah mulai menjalani solo proyek mereka. Contoh Kim Yohan yang kabarnya akan segera membintangi drama. Untuk itu sulit rasanya untuk melihat X1 untuk re-debut kembali.

Dua Solusi Masuk Akal

x1
Source image: twitter.com/x1official101

Dengan kondisi seperti sekarang, hanya ada dua solusi yang bisa diambil jika One It untuk melihat X1 re-debut kembali.

Yang pertama adalah X1 re-debut tapi tidak OT11. Ini adalah opsi yang masuk akal, mengingat lima dari sembilan agensi X1 plus CJ ENM masih ingin melanjutkan proyek X1 ini. Namun pasti One it bakal gak puas melihat X1 redebut tapi tanpa komposisi member yang komplet.

Solusi kedua adalah redebut dengan OT11. Namun diperlukan langkah ekstrim untuk membuat hal ini menjadi kenyataan. Pertama-tama CJ ENM bisa mencoba menego ulang empat agensi yang menolak tawaran ini, di mana mereka mungkin bisa mengkompromikan nilai kontrak agar mereka tertarik untuk bergabung dengan proyek ini kembali.

Cara kedua adalah tekanan dari fans. Para One It harus menekan empat agensi yang menolak ini. Mereka mungkin bisa mengancam akan memboikot keempat agensi tersebut, sehingga para agensi tersebut mendengar tuntutan mereka.

Cara ketiga dan cara yang paling ekstrim adalah CJ ENM ‘menebus’ para member yang ditahan agensinya. Para member ini bisa memutuskan kontrak mereka dengan agensi masing-masing, meski langkah ini bakal memakan biaya yang tidak sedikit dan juga berpotensi menimbulkan masalah hukum di kemudian hari.

You may also like

More in K-Pop

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *