K-Pop

Mengenal Label-Label Top Amerika yang Bekerjasama dengan Idol K-Pop

0

Aegyo.id – Dalam satu dekade terakhir, K-Pop bisa dikatakan menjadi fenomena baru di dunia musik global. Musik asal Negeri Gingseng ini begitu digemari di seluruh dunia sehingga ekspansi mereka begitu masif.

Dalam satu dekade terakhir, ekspansi K-Pop masih fokus di Asia saja. Perkembangan mereka kebanyakan menyasar Jepang dan China, sementara beberapa tahun terakhir Asia Tenggara mulai dilirik sebagai target potensial mereka.

Namun beberapa idol K-Pop yang punya reputasi tinggi berhasil menarik perhatian sejumlah label top di Amerika Serikat. Beberapa tahu terakhir kerjasama antara label-label top di Negeri Paman Sam dengan idol K-Pop mulai gencar dilaksanakan.

Yang terbaru adalah girl group JYP Entertainment, TWICE yang menandatangani kontrak dengan Republic Record. Diharapkan dengan kerjasama ini, TWICE bisa berkembang menjadi global idol group dan tidak hanya jago di pasar Asia saja.

Berikut tim Aegyo sudah merangkumkan beberapa label-label top Amerika Serikat yang bekerjasama dengan Idol-Idol K-Pop.

Capitol Record

NCT 127. (Foto: smtown.com)
NCT 127. (Foto: smtown.com)

Label asal Amerika Serikat yang diketahui menjadi pelopor kerjasama dengan Idol K-Pop adalah Capitol Record.

Label yang menaungi Katy Perry dan Megadeth ini pertama kali bekerjasama dengan 2NE1. Mereka membantu proses ekspansi 2NE1 ke Amerika Serikat dengan membantu mendistribusikan single ‘I’m the Best‘.

Saat ini ada dua idol top yang bekerjasama dengan Capitol Record. Keduanya adalah Boygroup bentukan SM Entertainment yaitu NCT 127 dan SuperM.

Interscope

Label besar Amerika Serikat yang diketahui bekerjasama dengan Idol K-Pop adalah Interscope.

Interscope sendiri dikenal memiliki banyak line up artist yang top. Sebut saja Thirthy Second to Mars, Imagine Dragons, Guns N’Roses, Eminem, Avicii dan masih banyak musisi top Amerika Serikat yang tergabung dengan label ini.

Pada tahun 2011, Interscope pertama kali menggandeng girl group legendaris, SNSD untuk membantu debut mereka di Amerika Serikat. Mereka membantu merilis album ‘The Boys’ di bulan Oktober 2011.

Pada tahun 2018, Interscope kembali sukses menggandeng salah satu girl group terpopuler di Korea Selatan, yaitu BLACKPINK untuk menjadi line up artist mereka.

Columbia Records

Source Image: BTS – ON Official MV

Ngomongin Idol K-Pop yang go internasional tidak lengkap jika tidak membicarakan BTS. Ya, Boygroup terpopuler saat ini juga bekerjasama dengan label asal Amerika Serikat, Columbia Records.

Kerjasama BTS dan Columbia Records itu dimulai pada tahun 2018 silam. Columbia Record diyakini sebagai salah satu penyebab kesuksesan ekspansi BTS di Amerika Serikat.

Sebagai informasi, Columbia Records menaungi beberapa musisi kenamaan dunia seperti Adele, Beyonce, BLINK-182, Calvin Harris dan Daft Punk.

Republic Record

TXT
Souce image: twitter.com/txt_bighit

Seperti yang kami tuliskan di atas, Republic Record merupakan salah satu label besar Amerika Serikat yang bekerjasama dengan TWICE. Namun Twice ternyata bukan idol Korea pertama yang bekerjasama dengan label ini.

Pada tahun 2018 silam, boygroup bentukan Big Hit Entertainment, TXT bergabung terlebih dahulu dengan label yang bermarkas di New York tersebut.

Sebagai informasi, Republic Record adalah label yang membawahi sejumlah nama besar di Industri Musik Amerika Serikat seperti Ariana Grande, Taylor Swift, Nicky Minaj, Jessie J.

RCA Records

ATEEZ
Source Image: twitter.com/ATEEZofficial

ATEEZ bisa dikatakan masih terhitung rookie group di Korea Selatan. Meski belum genap berdiri dua tahun, namun boygroup ini sudah berekspansi ke Amerika Serikat.

ATEEZ resmi menjalin kerjasama dengan RCA Records. Label ini merupakan label yang menaungi Shakira, Pentatonix, Martin Garrix, Pentatonix, Foo Fighters, dan Christina Aguilera.

Epic Records

Setelah empat tahun debut, pada tahun 2019 MONSTA X mengambil langkah besar. Mereka memutuskan untuk bergabung dengan EPIC Records untuk pendistribusian karya mereka di luar Korea Selatan.

Bersama EPIC Records, pada tahun 2020 ini MONSTA X mengadakan tur di Amerika Serikat. Mereka juga merilis album berbahasa Inggris pertama mereka bersama label yang menaungi Fifth Harmony, Mariah Carey dan Judas Priest tersebut.

You may also like

More in K-Pop

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *