K-Pop

Melihat Dampak-Dampak yang Bisa Terjadi Akibat Pernikahan Chen EXO

0
Chen EXO
Source Image: SM Entertainment

Aegyo.id – Tahun 2020 masih berjalan 13 hari, namun jagad K-Pop kembali digemparkan dengan kabar heboh. Member dari boygroup populer, EXO, Chen mengumumkan akan segera menikah.

Kabar ini beredar pada siang hari tadi. Chen melalui agensinya, SM Entertainment mengumumkan bahwa ia akan segera menikah dalam waktu dekat. Calon Istrinya dikonfirmasi bukan dari kalangan selebritis.

Kabar pernikahan Chen ini bisa dikatakan bak gledek di siang bolong. Maklum, selama ini Chen memang jauh dari kabar miring dan tidak pernah digosipkan menjalin hubungan cinta.

Tak ayal, kabar ini langsung menjadi pergunjingan publik dan bahkan menjadi trending topic worldwide. Tidak sedikit yang pro dan tidak sedikit yang kontra dari keputusan pria bernama asli Kim Jong Dae ini untuk menikah.

Pernikahan seorang artist terutama seorang Idol di Korea memang selalu menjadi pusat perhatian. Namun kebanyakan Idol di Korea memilih menikah di usia senja atau ketika karir mereka sudah mulai meredup.

Namun keputusan seorang Idol seperti Chen untuk menikah di usia yang relatif muda ini berpotensi menimbulkan beberapa dampak, baik secara positif maupun negatif. Berikut adalah beberapa dampak yang bisa menimpa Chen usai menikah.

Aib Besar

Chen EXO
Source Image: SM Entertainment

Sebelum membahas mengenai dampak yang bakal terjadi, ada baiknya kita menelaah seberapa besar arti pengumuman pernikahan Chen ini.

Korea Selatan meski dikenal sebagai negara yang maju dalam berbagai aspek, mereka adalah negara yang konservatif. Mereka adalah negara yang cukup kolot mengenai tata krama atau nilai-nilai sosial.

Seperti yang sudah dikonfirmasi oleh SM Entertainment, salah satu penyebab pernikahan ini diadakan karena tunangan Chen sedang mengandung anaknya sebelum menikah.

Coba bayangkan di Indonesia yang pemikirannya sudah tidak terlalu konservatif saja, Hamil di luar nikah adalah sebuah aib, coba bayangkan apa artinya hamil di luar nikah di negara yang sangat konservatif seperti Korea? Tentu ini menjadi aib yang sangat besar, sehingga jika kalian memantau pergerakan sosial media, banyak K-Neterz yang menghujat Chen meski Chen sudah secara gentle mengakui kehamilan ini dan bersedia mengambil tanggung jawab.

Minim Pengaruh pada EXO

Suasana EXO Planet #5 EXplOration
Source Image: twitter.com/weareoneEXO

Dampak nyata dari pernikahan Chen ini tentu akan mempengaruhi karirnya sebagai seorang Idol, baik sebagai anggota EXO atau sebagai seorang solois.

Untuk dampak pernikahan Chen ke EXO sendiri mimin rasa tidak akan terlalu besar. Mengapa demikian? Karena Chen bisa dikatakan bukan member ‘populer’ di EXO.

Memang betul Chen memegang peran sebagai main vocalist di EXO. Namun jika melihat popularitasnya, ia tidak sepopuler member-member seperti Chanyeol, Xiumin, atau Baekhyun.

Selain itu, Chen sendiri dalam waktu dekat akan dijadwalkan mengikuti wajib militer. Jadi pernikahannya ini tidak akan berpengaruh signifikan terhadap popularitas EXO atau penjualan album EXO.

Rusak Solo Karir

Chen EXO
Source Image: SM Entertainment

Seperti yang sudah diketahui, Chen adalah salah satu member EXO yang punya solo karir yang bagus. Ia memulai dari menulis lagu untuk drama hingga akhirnya merilis single dan Extended Play.

Karirnya sebagai penyanyi Solo tergolong cukup apik. Dua EP-nya terjual masing-masing di atas 150 ribu copies. Namun dengan pernikahan Chen ini, karirnya sebagai penyanyi solo bakal meredup.

Hal ini kembali lagi karena warga Korea pada umumnya sangat anti dengan skandal-skandal seperti ini. Alhasil besar kemungkinan mereka akan menjadi antipati dengan karya Chen hanya karena ia hamil di luar nikah.

Salah satu indikasi nyata bahwa Chen mulai ditinggal fansnya adalah kabar penutupan mastersitenya. Hingga malam ini, ada 15 Masternim Chen yang mengonfirmasi menutup akun sebagai bentuk kekecewaan terhadap pernikahan Chen ini. Jika kondisi ini terus berlanjut, maka karir Chen sebagai penyanyi solo bakal terancam.

Dikeluarkan/Dibekukan dari EXO?

Chen EXO
Source Image: SM Entertainment

Salah satu dampak yang biasanya menimpa anggota Idol Group yang menikah saat mereka masih jaya adalah dikeluarkan atau dibekukan.

Sebagai contoh, senior Chen di SM Entertainment, Lee Sungmin memutuskan menikah pada tahun 2014 silam. Namun hingga saat ini ia sudah tidak terlibat dalam promosi Super Junior meski ia masih terhitung sebagai anggota Suju.

Contoh lain terjadi pada anggota Crayon Pop, Soyul yang menikah dengan Moon Hee Jun. Kabar kehamilan dan pernikahannya itu disambut negatif oleh para fans, sehingga ia memutuskan keluar dari group.

Jika melihat contoh dari dua pendahulunya itu, bukan tidak mungkin ada tuntutan dari EXO-L untuk membekukan atau mengeluarkan Chen dari EXO. Namun mimin menilai ini gak bakal kejadian mengingat Chen yang merupakan main vocal dari Group ini sehingga ia punya nilai tawar yang besar.

Buka Jalan

Chen EXO
Source Image: SM Entertainment

Jika poin-poin sebelumnya lebih ke hal yang negatif, namun untuk poin ini akan lebih positif, yaitu pernikahan Chen ini akan “membuka jalan”.

Apa maksudnya membuka Jalan? Jadi begini. Ada aturan tidak tertulis bahwa Idol di Korea Selatan itu tidak boleh pacaran apalagi menikah. Mereka dianggap sebagai ‘milik’ fans dan itulah mengapa jika ada idol yang ketahuan pacaran atau menikah biasanya akan mendapatkan tanggapan yang buruk dari fans.

Nah langkah yang diambil Chen ini cenderung langkah yang ‘nekat’. Gimana enggak, doi langsung mengumumkan bahwa ia akan menikah. Meski dianggap aib, tetapi banyak yang mengapresiasi keberanian dan kejantanan Chen untuk mengumumkan bahwa ia akan menikah dan akan memiliki anak.

Dengan banyaknya dukungan dan sambutan yang positif, maka ada kemungkinan muncul keberanian yang sama untuk idol-idol lain untuk mengakui hubungan mereka. Mungkin gak sampai yang mengumumkan akan menikah, tetapi mungkin lebih ke mengakui bahwa mereka tengah menjalin hubungan.

Jadi sekarang pertanyaannya gini, apakah kamu siap lahir batin jika Idol kesukaan kamu tiba-tiba mengaku punya pacar atau bahkan menikah? 🙂

You may also like

More in K-Pop

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *