K-Pop

Jadikan BTS Brand Ambassador, Berapa Uang yang Harus Dikeluarkan Tokopedia?

0
BTS X Tokopedia
Source Image: Tokopedia

Aegyo.id – Pada bulan Oktober kemarin, salah satu E-Commerce asal Indonesia, Tokopedia membuat heboh para pecinta K-Pop Indonesia. Perusahaan E-Commerce pertama di Indonesia itu, Tokopedia resmi bekerjasama dengan Boy Group No 1 di Korea Selatan, BTS sebagai brand ambassador mereka.

Tren kerjasama antara E-Commerce dan para idol K-Pop memang bukan kali pertama ini terjadi. Sebelumnya Shopee sudah menggandeng dua Girl Group kenamaan Korea Selatan, Blackpink dan juga G-Friend sebagai Brand Ambassador mereka.

Namun kesuksesan Tokopedia menggaet BTS ini tentu menjadi bahan pembicaraan, bahkan hingga hari ini. Maklum, sebagai Idol Group terpopuler saat ini, pasti dibutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk menjalin kerjasama ini.

Banyak yang bertanya-tanya (termasuk mimin) berapa kira-kira uang yang harus disiapkan Tokopedia untuk menggandeng BTS sebagai Ambassador mereka? Berikut Redaksi Aegyo sudah menemukan beberapa informasi terkait kerjasama BTS dan Tokopedia ini.

Nilai Fantastis

Image: BTS/Big Hit Entertainment

Pada tahun 2017 silam, situs entertainment Korea Selatan, Naver pernah merilis berapa bayaran untuk menjadikan BTS sebagai model iklan sebuah Brand.

Laporan itu mengungkapkan bahwa dua tahun lalu, sebuah perusahaan harus siap membayar sekitar 900 Juta Won (atau sekitar 10,8 Milyar Rupiah). Angka ini berpotensi naik menjadi 1,5 Milyar Won (sekitar 18,1 Milyar Rupiah) jika kerjasama ini berupa Brand Ambassador.

Angka ini juga sempat dikonfirmasi oleh salah satu selebritis kenamaan Korea, Hong Seok Cheon. Ia mengatakan bahwa pada tahun 2017 silam, butuh dana sekitar 1 Milyar Won untuk menjadikan BTS sebagai model iklan sebuah Brand.

Tokopedia Bayar BTS Tiga Kali Lipat?

Image from www.japantimes.co.jp

Bayaran sebesar 18 Milyar Rupiah untuk menjadi Brand Ambassador tentu merupakan angka yang sangat fantastis. Tidak banyak artist kelas Internasional yang memiliki pendapatan sebesar ini.

Namun jika kalian berpikir bahwa 18 Milyar Rupiah itu mahal, kalian pasti bakal terkejut jika mengetahui berapa rate dari BTS saat ini.

Informasi ini diungkapkan dalam sebuah program talkshow Korea Selatan berjudul ‘Rumor Has It‘. Pada episode terbarunya, mereka mengundang Choi Jeong Ah, salah satu reporter dunia entertainmen Korea Selatan.

Pada saat itu Jeong Ah membeberkan bahwa bayaran 1,5 Milyar Won untuk menjadikan BTS sebagai Brand Ambassador sudah tidak berlaku di tahun 2019. Setiap perusahaan yang ingin bekerjasama dengan BTS harus siap mengeluarkan dana yang jauh lebih besar.

Untuk tahun 2019, Jeong Ah mengungkapkan bahwa tarif minimal menjadikan BTS sebagai bintang iklan adalah 3 Milyar Won (sekitar Rp 36,3 Milyar). Untuk menjadikan mereka sebagai Brand Ambassador, Minimal dibutuhkan dana sekitar 4 Milyar Won (Sekitar Rp 48,4 Milyar). Angka ini berpotensi jauh lebih besar jika ada kesepakatan tambahan dari kedua belah pihak

Jika melihat angka tersebut, Tokopedia kemungkinan harus menyiapkan setidaknya 50 Milyar Rupiah untuk bekerjasama dengan BTS. Bahkan angka ini bisa lebih besar lagi jika mereka membuat lebih banyak iklan bersama BTS di masa depan.

Paling Mahal Se-Korea

BTS. (Foto: instagram.com/billboard)
BTS. (Foto: instagram.com/billboard)

Bayaran sebesar Rp 36 Milyar ini merupakan angka yang besar. Namun Jeong Ah mengatakan bahwa tarif ini memang tarif iklan paling mahal yang dimiliki para artist di Korea Selatan.

Jeong Ah menyebut bahwa di Korea ada sistem klasifikasi untuk para Selebritis. Mereka dibagi dalam beberapa kelas E sebagai yang paling rendah, lalu Kelas A sebagai yang tinggi dan Kelas S bagi artist-Selebritis paling ternama di Korea Selatan.

Jeong Ah untuk Selebritis kelas S ini rata-rata memang mendapatkan bayaran yang fantastis untuk iklan. Mereka menerima sekitar 1 – 1,2 Milyar Won per iklan yang mereka bintangi.

Ini berarti BTS berada jauh dari para Selebritis Kelas S ini, karena mereka memiliki bayaran hampir empat kali lipat dari pendapatan Selebritis Kelas-S lainnya.

Wow, sungguh daebak sekali bukan pemasukan mereka? Mimin cuma bisa ngiler membayangin berapa total pemasukan yang didapatkan RM dan teman-temannya dalam satu tahun. Bayangin dari Iklan aja udah dapat segitu, bagaimana dengan penjualan album, konser, merchandise dll? W.O.W.

You may also like

More in K-Pop

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *