K-Pop

IU ft Suga BTS – Eight : Surat Cinta IU untuk Sulli dan Jonghyun SHINee?

0
Source Image: IU ft Suga BTS - Eight Official MV

Aegyo.id – Solois kenamaan Korea Selatan, Lee Ji Eun atau yang lebih dikenal sebagai IU baru saja merilis comeback terbarunya berjudul ‘Eight‘.

Comeback IU kali ini bisa dikatakan cukup spesial. Karena lagu ‘Eight’ ini diproduseri sekaligus berkolaborasi dengan salah satu Idol kenamaan Korea Selatan, Suga dari BTS.

Sebagai solois kenamaan Korea Selatan, lagu ‘Eight’ ini langsung meledak di pasaran. Lagu ini langsung menduduki peringkat satu chart Melon, Genie, Bugs dan Soribada.

Untuk kualitas lagu ini sepertinya kita gak perlu mempertanyakan kapasitas IU sebagai penyanyi dan Suga sebagai seorang produser. Lagu ini juga memiliki MV yang indah, di mana ada kombinasi antara animasi yang indah dikombinasikan dengan shooting yang bagus juga.

Namun untuk comeback kali ini, IU membuat banyak fansnya tersentuh. Pasalnya lagu ini seharusnya bernada ceria, namun menimbulkan kepedihan tersendiri bagi para fans.

Banyak fans yang percaya bahwa comeback ini merupakan sebuah pesan tersembunyi IU untuk dua mendiang sahabatnya, Sulli dan Jonghyun SHINee. Kok Bisa? Yuk intip ulasannya di bawah ini.

Duka yang Mendalam

IU dan Sulli setelah shooting Hotel Del Luna

Sebelum membahas teori MV dan Lagu ini, ada baiknya kita mengulas sedikit hubungan antara IU dan Sulli dan Jonghyun SHINee.

Kedua idol ini merupakan sahabat karib dari IU. IU sering mengunggah kebersamaannya dengan Jonghyun dan Sulli, dan bahkan mereka sempat berkolaborasi bersama seperti Sulli yang tampil di drama ‘Hotel del Luna’ sebagai cameo.

Namun dalam tiga tahun terakhir, IU harus mengalami duka yang mendalam. Pasalnya ia harus ditinggalkan oleh kedua sahabatnya itu untuk selama-lamanya.

Pada tahun 2017, Jonghyun meninggal dunia karena bunuh diri. Dua tahun berselang, giliran Sulli yang menyusul kepergian Jonghyun.

IU diketahui sangat terpukul dengan meninggalnya kedua sahabatnya itu. Bahkan di beberapa kesempatan, ia masih mengungkapkan kerinduannya terhadap kedua sahabatnya ini.

Surat Cinta IU

Nah setelah membahas hubungan antara IU dengan Sulli dan Jonghyun mari kita membahas teori mengenai lagu ini.

Jika kita melihat struktur MV ini terbagi menjadi dua, yaitu yang non animasi dan juga animasi. Di segmen animasi ini lah fans mulai berspekulasi bahwa ini adalah surat cinta IU untuk Sulli dan Jonghyun.

Source Image: IU ft Suga BTS – Eight Official MV

Scene animasi ini dibuka dengan scene seorang gadis yang berada di pesawat. Ia tiba-tiba melihat seekor kadal yang berada di jendela. Kemudian tiba-tiba ketika badai datang, kadal itu menghilang. IU lalu terbangun dari tidurnya dan melihat aquarium yang menjadi kandang kadal peliharaannya, namun kadal itu tidak ada di kandangnya.

Scene ini banyak diintepretasikan bahwa sang kadal itu adalah Jeonghyun. Kok bisa? Karena semasa hidupnya, Jeonghyun menyukai karakter fiksi Pokomen ‘Charmender’ yang memiliki bentuk sebagai kadal.

Source Image: IU ft Suga BTS – Eight Official MV

Sementara di bagian kedua animasi tersebut, ada seorang gadis berbaju putih. Gadis itu terlihat berlari menyusuri hutan sebelum terjun bebas di sebuah tebing lalu kemudian ‘dijemput’ oleh seekor naga.

Pada awalnya banyak yang berspekulasi bahwa animasi cewek putih ini merupakan gambaran IU di masa lalu. Soalnya di awal MV, IU terlihat berada di sebuah ruang yang futuristik lalu kemudian menekan sebuah tombol yang mirip dengan tape tua, dengan label ‘Record’. Seolah-olah MV ini mengajak penonton untuk kembali ke masa lalu IU.

Source Image: IU ft Suga BTS – Eight Official MV

Namun setelah diamati, karakter animasi gadis yang dipesawat dan gadis berbaju putih itu memiliki design yang berbeda. Gadis yang di pesawat lebih menyerupai IU, namun gadis berambut putih ini punya citra yang berbeda dari IU. Beberapa fans melihat bahwa karakteristik visualnya lebih mirip dengan Sulli.

Di bagian terakhir animasi MV ini, terlihat karakter IU yang di pesawat mengamati sang naga terbang bersama gadis putih dari dalam pesawat.

Terbang Menuju Kebebasan

Oke setelah kita membedah elemen visual, mari kita mulai membedah teori konspirasi dari MV Ini.

Yang pertama mengenai si kadal yang diyakini sebagai Jonghyun. Di scene itu si kadal berada di sebuah pesawat bersama IU. Namun ketika badai datang menerjang pesawat itu, tiba-tiba si kadal menghilang.

Source Image: IU ft Suga BTS – Eight Official MV

Mimin sih melihat pesawat ini sebuah penggambaran mengenai perjalanan kehidupan, di mana IU dan Jonghyun menjadi penumpangnya. Namun ketika ‘badai’ datang yang bisa diartikan sebagai momen-momen sulit seperti rasa frustrasi menerpa, Jonghyun menghilang dari pesawat itu. Menurut perspektif mimin, scene ini menggambarkan bagaimana Jonghyun yang mengakhiri kehidupannya karena momen-momen berat itu.

Source Image: IU ft Suga BTS – Eight Official MV

Lalu lanjut si scene cewek berbaju putih yang berlari di tengah hutan. Hutan ini mimin lihat sebagai tempat yang menyeramkan dan ini membuat si cewek berlari sebelum memutuskan lompat dari tebing. Adegan lompat dari tebing ini menurut mimin seperti menggambarkan bagaimana keputusan Sulli untuk mengakhiri kehidupannya.

Mengapa mimin meyakini bahwa dua scene ini adalah scenenya Jonghyun dan Sulli karena saat si cewek loncat dari tebing, tiba-tiba ia ‘dijemput’ oleh kadal yang sudah berubah menjadi naga. Ini cocok dengan kondisi real, di mana Jeonghyun meninggal terlebih dahulu (2017) lalu kemudian ia menjemput Sulli yang meninggal di tahun 2019.

Source Image: IU ft Suga BTS – Eight Official MV

Lalu keduanya terbang ke langit dan IU hanya bisa melihat mereka sambil tersenyum dari dalam pesawat sambil meneteskan air mata. Menurut mimin sih ini kayak ngegambarin bahwa Jonghyun dan Sulli saat ini sudah bahagia di alam sana, sudah bebas, tidak terkekang oleh rasa depresi dan lainnya. Sementara IU masih harus berjuang di dunia ini.

Ungkapkan Melalui Lyric

Source Image: IU ft Suga BTS – Eight Official MV

Tidak hanya melalui aspek visual, ‘surat cinta’ IU untuk Jonghyun dan Sulli juga terlihat melalui lyric lagu Eight ini.

'So are you happy now? Finally Happy now are you.  'Still the same" what? I Feel like i have lost everything.

Kita mulai dari penggalan lyric pertama lagu eight ini. Kalau menurut tafsirannya mimin ini seakan IU bertanya kepada Jonghyun dan Sulli ‘Apakah kalian sudah bahagia di alam sana? Ketika kalian bahagia, aku malah merasa kehilangan segala sesuatu’.

"Separation is like disaster warning text message. Spend the morning with yearning, passing this eternity'.

Yap, sesuai dengan lyricnya, IU merasa sangat terpukul dengan kepergian Jonghyun dan Sulli yang datang tiba-tiba tanpa peringatan sehingga menimbulkan rindu yang mendalam.

'We meet at the once beautiful memories. We pillow our heads on each other's arms and share stories that aren't sorrowful. No Sad Ending, I Will always meet you in this memory. Forever young'.

Dan ini, verse terakhir dari lagu Eight ini. Di penggalan lirik ini seperti harapan IU bahwa terlepas apa yang orang-orang katakan mengenai Jonghyun dan Sulli, keduanya memiliki tempat yang spesial di hati IU dan keduanya akan selalu memiliki ingatan yang indah di hati IU.

Itu tadi pembahasan mimin soal lagunya IU dan Suga BTS berjudul Eight. Apakah kalian punya teori lain untuk comeback IU kali ini? Yuk kasih di kolom komentar ya.

You may also like

More in K-Pop

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *