EXO - Ambission
Source Image: twitter.com/weareoneexo
K-Pop

EXO dan 4 Group Top yang Tidak Masuk Nominasi Soribada Best K-Music Awards

0

Aegyo.idSoribada Best K-Music Awards 2020 tengah menjadi trending topic dalam dua hari terakhir. Penyebabnya adalah mereka mencoret nama EXO dari daftar nominasi peraih penghargaan Bonsang.

Sebagai informasi, Soribada Best K-Music Awards merupakan penghargaan tahunan yang digagas oleh salah satu platform music asal Korea Selatan, Soribada. Penghargaan ini sudah digelar sejak tahun 2017 yang lalu, di mana ada penilaian akan terdiri dari data internal Soribada, voring online dan penilaian dari panelis profesional.

Nah Soribada Best K-Music Awards tahun 2020 ini rencananya akan digelar pada bulan Agustus mendatang. Beberapa hari yang lalu, Soribada sudah mengumumkan daftar nominasi pemenang. Namun untuk kategori Bonsang atau kategori utama, nama EXO tidak ada.

EXO-L sendiri tidak terima dengan apa yang dilakukan Soribada. Alhasil mereka memprotes Soribada, sehingga Soribada meminta maaf atas kesalahan mereka itu dan berjanji akan mengumumkan daftar nominasi yang baru pada tanggal 16 Juni mendatang.

EXO bukan satu-satunya idol group top yang tidak masuk dalam nominasi bonsang. Ada beberapa Idol group yang tidak masuk ke dalam daftar tersebut.

Menurut rumor yang beredar, alasan Soribada tidak memasukkan nama-nama grup itu karena nilai musik mereka tergolong rendah saat periode penilaian yaitu tanggal 5 Januari 2020 – 7 Maret 2020.

Siapa saja idol group top yang tidak masuk daftar itu? Yuk intip di bawah ini.

ITZY

ITZY from JYP Entertainment
ITZY from JYP Entertainment

Idol group pertama yang tidak masuk dalam nominasi bonsang Soribada Best K-Music Awards adalah ITZY.

ITZY tidak masuk nominasi karena mereka baru merilis comeback mereka dalam album It’z Me pada tanggal 9 Maret 2020, atau tepatnya dua hari setelah masa penilaian Soribada berakhir.

Padahal lagu ‘Wanna Be’ tergolong cukup sukses di Korea Selatan, karena secara penjualan album ini laku sebanyakj 137,039 copies dan memenangkan delapan penghargaan acara musik mingguan.

Stray Kids

Source Image: JYP Entertainment

Idol top kedua yang tidak masuk dalam nominasi bonsang Soribada Best K-Music Awards adalah Stray Kids.

Kasus Stray Kids ini berbeda dengan kasus yang dialami ITZY. Jika ITZY tidak masuk nominasi karena perilisan album mereka setelah masa penilaian sementara kalau Stray Kids karena perilisan album mereka sebelum masa penilaian.

Ya, album terbaru Stray Kids Clé: Levanter memang dirilis pada tanggal 9 Desember 2019 kemarin. Masa promosi mereka cuma sampai akhir Desember sehingga mereka tidak masuk dalam kategori Soribada Best K-Music Awards meski dari angka penjualan dan chart mereka tergolong sangat bagus.

iKON

iKon
Source Image: YG Entertainment

Idol group ketiga yang tidak masuk dalam nominasi bonsang Soribada Best K-Music Awards adalah iKON.

Berbeda dengan ITZY dan Stray Kids, iKON saat merilis album ‘I Decide’ itu sebenarnya masih berada dalam periode penilaian Soribada, di mana album ini dirilis pada tanggal 6 Februari 2020.

Secara penjualan album I Decide ini memang hanya terjual sebanyak 60 ribu copies. Namun lagu ‘Dive’ itu sempat memuncaki tanggal lagu Soribada, sehingga aneh rasanya jika iKON tidak masuk dalam nominasi bonsang.

IZ*ONE

IZ*ONE
Source Image: IZ*ONE – Fiesta Official MV

Idol group top terakhir yang tidak masuk dalam daftar nominasi bonsang Soribada Best K-Music Awards adalah IZ*ONE.

Jika dibandingkan dengan ketiga idol group idol sebelumnya, tidak masuknya IZ*ONE dalam nominasi bonsang Soribada Best K-Music Awards tergolong cukup aneh. Karena album mereka BLOOM*IZ itu dirilis pada tanggal 17 Februari 2020.

Secara prestasi, album ini memecahkan rekor penjualan girl group sepanjang masa. Mereka juga memuncaki beberapa tangga lagu dan mereka juga meraih empat kemenangan di music shows. Jadi aneh banget kan jika album ini tidak masuk nominasi Bonsang?

You may also like

More in K-Pop

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *