K-Pop

BLACKPINK dan Daftar Girl Group Terpopuler di Agustus 2020

0
Source Image: MBC Show Champions

Aegyo.id – Lembaga Korean Business Research Institute kembali merilis brand reputation rangking untuk Girl Group terpopuler di bulan Agustus 2020. Untuk daftar bulan ini terjadi perubahan besar di posisi lima besar.

Penentuan siapa girl group terpopuler ini didasarkan pada empat aspek. Yang pertama adalah Participation Index yang dinilai dari seberapa banyak idol group tersebut dicari di portal-portal berita.

Aspek kedua adalah Media Index. Di sini, popularitas sebuah idol group akan dinilai dari seberapa banyak komentar mengenai mereka di sebuah artikel dan berita yang tersebar di Internet.

Sementara aspek ketiga adalah Communication Index. Sebuah idol group dinilai populer jika semakin banyak artikel atau postingan di blog dan di fan cafe mengenai mereka.

Sementara aspek penilaian terakhir berdasarkan Community Index. Di aspek ini, sebuah Idol Group dinilai populer jika ada banyak user yang memention mereka di media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dll.

Nah siapa lima girl group terpopuler di bulan Agustus 2020? yuk intip daftarnya di bawah ini.

5. MAMAMOO

Source Image: twitter.com/rbw_mamamoo

Di peringkat lima ada girl group bentukan RBW Entertainment, MAMAMOO sebagai girl group terpopuler bulan Agustus 2020.

Untuk bulan ini, MAMAMOO naik dua peringkat dari bulan lalu. Salah satu penyebab yang ditengara menjadi penyebab kenaikan popularitas MAMAMOO adalah perilisan single solo dari Hwasa berjudul Maria, di mana single ini memenangkan banyak penghargaan.

Nama MAMAMOO juga banyak didiskusikan setelah Solar berpartisipasi dalam salah satu variety show populer Korea Selatan, Running Man beberapa waktu yang lalu. Sehingga popularitas MAMAMOO juga turut naik.

4. Oh My Girl

Source Image: WM Entertainment

Girl group WM Entertainment, Oh My Girl berhasil menempati peringkat empat girl group terpopuler di bulan Agustus 2020.

Peringkat OMG bulan ini mengalami kenaikan jika dibandingkan bulan lalu. Karena di bulan Juli, mereka hanya menempati peringkat empat.

Ada beberapa faktor di balik naiknya popularitas OMG seperti kesuksesan single “Non Stop’ yang mereka rilis beberapa waktu yang lalu. Selain itu nama mereka cukup diperbincangkan ketika sang maknae, Arin dipilih menjadi MC Music Bank yang baru.

4. (G)I-DLE

Source Image: twitter.com/g_i_dle

Di peringkat 3, ada girl group bentukan Cube Entertainment, (G)I-DLE yang berhasil masuk lima besar girl group terpopuler di bulan Agustus 2020.

Peringkat ini naik cukup pesat jika dibandingkan bulan lalu. Karena bulan lalu (G)I-DLE hanya berada di peringkat delapan daftar girl group terpopuler.

Penyebab mengapa popularitas (G)I-DLE melesat tajam karena mereka merilis comeback berjudul Dumdi Dumdi di awal Agustus kemarin. Sebagai informasi, MV dari single ini berhasil meraih 51 juta views hanya dalam waktu delapan hari setelah dirilis.

2. Red Velvet

Source Image: Red Velvet – Psycho MV

Girl Group bentukan SM Entertainment, Red Velvet berhasil merebut posisi kedua dari daftar girl group terpopuler bulan Agustus 2020.

Di bulan Juli kemarin, Red Velvet menempati peringkat empat. Itu berarti Irene dkk berhasil naik dua peringkat di bulan Juli 2020.

Penyebab kenaikan reputasi Red Velvet ini dikarenakan sub unit Irene & Seulgi merilis lagu Naughty beberapa waktu yang lalu. Selain itu ada Yeri yang berpartisipasi dalam MV lagu Kim Woo Seok, ‘Sorrow’.

1. BLACKPINK

Source Image: YG Entertainment

Girl group YG Entertainment, BLACKPINK masih menyabet gelar Girl Group terpopuler di bulan Agustus 2020.

Ya, ini bulan kedua BLACKPINK memuncaki daftar ini. Setelah bulan lalu mereka pertama kali memuncaki daftar tersebut di tahun 2020.

Tingginya popularitas BLACKPINK di bulan Agustus setidaknya ada tiga penyebabnya. Yang pertama masih karena sisa-sisa hyp dari pre-release single mereka, How You Like That, lalu yang kedua karena mereka akan mengeluarkan pre-release single kedua di bulan Agustus, dan ketiga karena beberapa waktu yang lalu mereka merilis teaser full album pertama mereka.

You may also like

More in K-Pop

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *