K-Pop

Bersama Big Hit, Seberapa Jauh GFRIEND akan Berevolusi?

0
GFRIEND
Source Image: GFRIEND Official Facebook

Aegyo.id – Pada tahun 2019 kemarin, Big Hit Entertainment membuat sebuah pengumuman penting. Mereka resmi mengakuisisi sebuah agensi, yaitu Source Music.

Source Music bisa dikatakan salah satu agensi kecil di Korea Selatan. Namun tiga tahun terakhir nama mereka mulai naik semenjak idol group mereka, GFRIEND mulai sukses di pasaran.

Dalam pernyataan resminya saat mengakuisi Source Music, CEO Big Hit Bang Si Hyuk menegaskan bahwa ia tidak akan banyak mencampuri urusan Source Music dan membiarkannya sebagai label independen. Namun ia berjanji bahwa ia akan membantu Source Music mengembangkan talent-talent mereka menjadi artis kelas dunia seperti BTS.

Mengingat Source Music saat ini hanya memiliki G-FRIEND sebagai satu-satunya idol group aktif mereka, maka Big Hit akan membantu GFRIEND untuk menjadi salah satu Girl Group kelas dunia. Namun pertanyaannya adalah, apakah GFRIEND mampu ‘naik kelas’ setelah diakuisisi oleh Big Hit?

Bahan Dasar Bagus

GFRIEND
Source Image: GFRIEND Official Facebook

Jika kita bertanya apakah GFRIEND bisa menjadi idol group kelas dunia, maka jawabannya adalah Iya. Mengapa demikian? Kita bisa lihat beberapa karya mereka di beberapa tahun terakhir.

Dibentuk di tahun 2015, GFRIEND bisa dikatakan tidak memiliki awal yang mulus. Dua single pertama mereka, ‘Glass Bead‘ dan ‘Me Gustas Tu‘ tidak mendapatkan resepsi yang cukup bagus, meski para penggemar K-Pop mulai melirik mereka sejak single kedua itu.

GFRIEND mulai meledak popularitasnya sejak single ‘Rough’. Single itu mengubah karir mereka karena mereka langsung langganan menang penghargaan musik baik yang mingguan dan tahunan dan mendominasi tangga lagu Korea seperti Melon, Gaon, dll.

Kualitas karya GFRIEND dan Source Music sendiri diakui oleh Bang Si Hyuk. Ia mengatakan bahwa single-single yang telah dikeluarkan GFRIEND memiliki kualitas yang tinggi. Jadi secara bahan dasar, GFRIEND punya potensi untuk menjadi girl group kelas dunia.

Perbaiki Pemasaran

GFRIEND
Source Image: GFRIEND Official Facebook

Meski memiliki popularitas yang cukup besar baik di Korea Selatan atau di Asia, GFRIEND belum bisa disebut idol girl top jika mengacu pada penjualan album mereka.

Jika melihat kecenderungan mereka sejak debut, memang ada peningkatan dari penjualan album mereka. Pertumbuhannya juga tergolong cukup pesat, di mana album pertama mereka ‘Season of Glass‘ hanya terjual 21.930 copies, sementara album terakhir mereka ‘Fever Season‘ terjual 82.389 copies atau naik hampir empat kali lipat.

Album terlaris mereka adalah ‘Time for Us’ yang terjual 96.024 copies. Angka ini sebenarnya sudah masuk angka yang tinggi untuk penjualan album. Namun jika dibandingkan dengan Girl Group top lainnya, angka ini masih tergolong rendah.

Jika kita membandingkan dengan TWICE, Red Velvet, IZ*ONE dan BLACKPINK rata-rata penjualan album mereka sudah stabil di angka 100 ribu copies. Bahkan seperti TWICE sudah stabil di angka 300 ribu copies.

Jika melihat angka tersebut, sebenarnya GFRIEND sudah tidak jauh dari status girl group top. Untuk itu ini adalah saatnya bagi Big Hit untuk membantu distribusi pemasaran album GFRIEND.

Secara teori ini seharusnya tidak susah. Dalam tiga tahun terakhir, Big Hit berhasil membangun jaringan dan sistem penjualan yang sangat bagus. Hal ini tercermin dengan penjualan album BTS yang rata-rata berada di atas 2 juta copies per comeback.

Dengan pengalaman dan jaringan yang bagus, bukan tidak mungkin bahwa akan ada peningkatan yang cukup signifikan dalam penjualan comeback GFRIEND yang akan datang, meski ada banyak hal yang akan mempengaruhi penjualan album tersebut.

Proses Itu Sudah Berjalan

GFRIEND
Source Image: GFRIEND Official Facebook

Kalau dilihat-lihat dalam satu tahun terakhir, Big Hit sebenarnya sudah mulai mempersiapkan GFRIEND untuk memasuki level berikutnya.

Langkah pertama mereka adalah mengintegrasikan GFRIEND kepada applikasi populer mereka, Weverse. Buat kalian yang tidak tahu, Weverse adalah aplikasi yang dibuat Big Hit agar para idol mereka yaitu BTS dan TXT bisa ngobrol dengan para fansnya.

Aplikasi ini sangat populer, terutama di kalangan ARMIES karena mereka bisa berinteraksi langsung dengan bias mereka. Hingga hari ini, ada 366.616 wever (pengguna weverse) yang mengikuti GFRIEND. Banyak ARMIES dan MOA yang mulai penasaran dengan GFRIEND sehingga popularitas mereka semakin meningkat.

Contoh lain usaha Big Hit untuk meningkatkan popularitas GFRIEND dengan membuat teaser album yang unik. Pada tanggal 2 Februari 2020 mendatang, GFRIEND dijadwalkan comeback dengan album berjudul ‘Labyrinth’. Untuk mengawali promosi comeback ini, Big hit merilis sebuah teaser berjudul ‘A Tale of the Glass Bead: Previous Story‘ yang bisa kalian lihat di bawah ini.

Jika kalian Buddies, kalian pasti menyadari bahwa teaser ini berbeda dengan teaser-teaser comeback GFRIEND sebelumnya. Di teaser ini ada storyline yang cukup menyentuh hati lengkap dengan narasi dengan bahasa Inggris, di mana teaser-teaser seperti ini identik dengan teaser-teaser comeback BTS.

Hasilnya? Baru satu hari dirilis, video ini sudah ditonton sebanyak 1,79 juta kali. Maklum, video ini diunggah di akun youtube resmi Big Hit, sehingga notifikasinya masuk ke ARMIES dan MOA dan langsung menjadi trending topic di beberapa negara. Jika melihat komentar-komentar yang masuk, banyak tanggapan positif baik dari Buddies, MOA maupun ARMIES.

Jadi BTS versi Girl Group?

Jika melihat sejarah BTS dan GFRIEND, sebenarnya ada banyak kemiripan di antara kedua idol group ini.

Keduanya sama-sama berasal dari agensi kecil. Mereka sempat mengalami periode stagnan, di mana karya-karya mereka masih sulit diterima oleh para penikmat K-Pop di seluruh dunia.

Namun berkat kesabaran dan ketelatenan kedua Group, mereka akhirnya mendapatkan breakthrough, meski Breakthrough yang didapatkan GFRIEND tidak sebesar apa yang diraih BTS.

Namun dengan bergabungnya Source Music ke Big Hit, mungkin ini adalah ‘breakthrough’ besar yang menanti GFIREND. Mungkin ini agak berlebihan, tetapi dengan kombinasi antara Source Music dan Big Hit, bukan tidak mungkin GFRIEND akan menjadi BTS versi Girl Group di masa depan.

You may also like

More in K-Pop

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *