K-Pop

Aespa dan First Win Debut Bersejarah SM Entertainment

0
aespa

Aegyo.id – Sebuah capaian apik didapatkan aespa. Girl group baru SM Entertainment itu resmi mendapatkan kemenangan pertama mereka untuk lagu debut berjudul ‘Black Mamba’.

Aespa adalah salah girl group baru yang didebutkan SM Entertainment di akhir 2020 kemarin. Girl group yang digawangi Karina, Winter, Ningning dan Giselle ini debut dengan lagu mereka berjudul Black Mamba.

Sejak dirilis pada bulan November kemarin, Black Mamba sudah rajin nongol di acara musik Korea Selatan. Namun setelah penantian yang cukup lama, aespa baru mendapatkan kemenangan pertama alias first win mereka pada akhir pekan kemarin.

Kemenangan itu mereka dapatkan di acara musim SBS Inkigayo. Mereka mengalahkan Rain ft JYP dan Kyoungseo, di mana mereka meraih total 4097, menang tipis dari Kyoungseo yang meraih total 3913 poin.

Kemenangan di Inkigayo ini menjadi kemenangan yang bersejarah bagi aespa. Mereka masuk dalam jajaran elit yang dimiliki SM Entertainment.

Mengapa demikian? Simak ulasannya yuk di bawah ini.

First Win Legendaris

aespa

Kenapa kami menulis aespa masuk dalam jajaran idol elit SM Entertainment karena tidak banyak artist SM Entertainment yang meraih first win di lagu debut mereka.

Ya, meski dengan reputasi SM sebagai salah satu the big three, untuk sebuah rookie group meraih first win melalui lagu debut mereka itu tidak mudah.

Sejarah mencatat hanya ad tiga group SM Entertainment yang sukses meraih first win dengan lagu debut mereka.

Tiga Group Legendaris

SNSD - Gee
Source: SM Entertainment

Yang pertama adalah girl group pertama SM, yaitu S.E.S. Lagu debut mereka berjudul I’M your girl berhasil meraih first win di acara musik, setelah album debut mereka terjual 650 ribu keping.

Idol group kedua SM Entertainment yang berhasil meraih first win dengan lagu debut mereka adalah TVXQ. Debut dengan lagu Hug, mereka berhasil memenangkan first win mereka di acara Inkigayo di tahun 2004.

Sementara idol group SM ketiga yang meraih first win dari lagu debut mereka adalah girl group legendaris SM, SNSD. SNSD memenangkan first win mereka di tahun 2007 dengan lagu berjudul Into New World. Pada saat itu mereka mendapatkan first win mereka dengan mengalahkan sunbae sesama agensi mereka, Super Junior.

Bagaimana First Win Artist SM lainnya?

Exo, Source Image: SM Entertainment

Setelah melihat data itu, banyak yang bertanya bagaimana first win yang didapatkan idol group SM lainnya?

Oke kita mulai dari Super Junior. Suju debut di tahun 2005 dengan single Twins. Namun mereka baru memenangkan first win mereka dengan lagu U kurang dari satu tahun pasca debut.

Berikutnya ada SHINee. SHINee debut di tahun 2008 dengan lagunya berjudul Replay. Namun mereka baru memenangkan first win mereka dengan lagu “Sanso Gateun Neo’ di M! Countdown.

Lalu ada juga f(x). f(x) debut di tahun 2009 dengan lagu berjudul ‘La Cha Ta’. Namun first win mereka baru didapatkan melalui single Pinnochio alias hampir dua tahun setelah mereka debut di Music Bank.

EXO. EXO debut di tahun 2012 dengan lagu MAMA, namun mereka baru memenangkan first win mereka di tahun 2013 dengan lagu Wolf di acara Music Bank.

Yang terakhir Red Velvet. Red Velvet debut dengan single ‘Happiness’ di tahun 2014. Namun mereka harus menunggu hingga tahun 2015 untuk mendapatkan first win mereka di acara Music Bank dengan lagu “Ice Cream Cake’.

You may also like

More in K-Pop

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *