K-Pop

Aegyo Rewind: 6 Lagu Debut K-Pop Terbaik di Tahun 2020

0
Treasure

Aegyo.id – Di tahun 2020 ini, sejumlah Idol K-Pop resmi debut. Beberapa di antara mereka memiliki lagu debut terbaik di tahun ini.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, di tahun 2020 ini sejumlah agensi Korea Selatan baik agensi kecil atau agensi besar mendebutkan beberapa idol baru. Tercatat ada total 29 idol group yang debut di tahun 2020 ini.

Beberapa di antara mereka mendapatkan debut yang fantastis. Namun tidak sedikit juga yang debutnya kurang memuaskan.

AESPA

Nah di Aegyo Rewind kali ini, kami akan memilih tujuh lagu debut K-Pop terbaik sepanjang tahun 2020. Tapi apa saja kriterianya?

Kami menilai lagu debut terbaik ini berdasarkan lagunya saja, tidak termasuk koreografi dan juga visualisasi MVnya. Penilaian lagu ini lebih menitikberatkan kepada komposisi dan juga karakter vokal dari lagu tersebut.

Disclaimer: artikel ini benar-benar subyektif dari penulis, jadi kalau misalnya idol kesayangan kalian tidak masuk, jangan marah ya :D. Oh iya urutan lagu di artikel ini tidak menggambarkan rangking loh ya!

Secret Number – Who Dis?

Lagu debut K-Pop terbaik di tahun 2020 ini adalah lagu debut dari Secret Number, berjudul Who Dis?

Lagu bergenre urban hip-hop ini secara komposisi tidak terlalu istimewa sebenarnya. Namun satu yang mudah diingat dari lagu ini adalah part ‘Who Diz’.

Adanya part yang mudah diingat ini merupakan sesuatu yang bagus untuk lagu debut, karena publik bisa mengenali mereka dari part itu. Jadi lagu ini layak masuk dalam daftar lagu debut terbaik di tahun 2020.

WEi – Twilight

Lagu debut K-Pop terbaik di tahun 2020 berikutnya adalah lagu dari WEi yang berjudul Twilight.

Idol group yang dibentuk OUI Entertainment ini memang banyak menarik perhatian karena idol group ini diperkuat oleh juara Produce X 101 Kim Yohan.

Lagu debut mereka berjudul Twilight ini menurut kami adalah lagu debut yang unik, karena memberikan vibe K-Pop yang ceria, sementara tren debut di K-Pop sendiri kebanyakan lebih ke arah hip-hop. Jadi lagu debut ini layak untuk masuk daftar lagu debut terbaik di tahun 2020.

aespa – Black Mamba

Di daftar berikutnya, ada lagu debut dari aespa yang berjudul Black Mamba.

Girl group terbaru SM Entertainment ini bisa dikatakan ‘melenceng’ dari girl group – girl group pendahulu mereka. Karena aespa mengusung konsep girl crush.

Nah untuk lagu black mamba sendiri ini tergolong unik karena SM Entertainment mencoba mengeksplor genre Electro Pop yang terkesan futuristik. Genre ini cukup unik karena tidak banyak girl group yang mengeksplor genre ini dan secara aransemen juga cukup catchy.

Treasure – Boy

Lagu debut Treasure – Boy masuk ke daftar lagu debut K-Pop terbaik di tahun 2020 versi Aegyo.

Setelah menanti cukup lama, para YG Stan akhirnya bisa melihat Treasure debut di bulan Agustus yang lalu. Treasure debut dengan konsep hip-hop yang terkenal menjadi identitas YG Entertainment.

Komposisi lagu ini cukup apik karena dinamika lagunya tidak monoton sehingga lagu ini sangat bikin ketagihan untuk didengarkan.

Cravity – Break all the Rules

Lagu debut K-Pop terbaik di tahun 2020 berikutnya jatuh pada lagu debut Cravity berjudul Break All the Rules.

Sebagai ‘adik’ dari Monsta X, Cravity juga mengusung unsur hip-hop di debut mereka. Namun warna lagu debut mereka ini tidak segelap sang kakak, dan lebih ramah untuk para penggemar K-Pop pada umumnya.

Warna unik dari lagu inilah yang membuat lagu Break All the Rules ini sangat solid untuk menjadi lagu debut sebuah idol group.

Drippin – Nostalgia

Lagu debut terakhir yang masuk daftar debut K-Pop terbaik di tahun 2020 adalah lagu dari Drippin berjudul Nostalgia.

Menurut mimin pribadi, lagu Nostalgia ini adalah lagu debut k-pop terbaik di tahun 2020 ini.

Kenapa demikian? Karena secara komposisi lagu sangat rapi dan juga lagu ini menonjolkan karakteristik vokal yang khas dan juga kuat.

Itu tadi enam lagu debut K-Pop terbaik pilihan mimin. Kalau kalian punya favorit lain, sampaikan di kolom komentar ya!

You may also like

More in K-Pop

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *