K-Pop

Aegyo Rewind: 5 Idol K-Pop yang Bubar Pada Tahun 2020

0
X1
Source image: twitter.com/x1official101

Aegyo.id – Tahun 2020 bisa dikatakan tahun yang kurang ramah bagi dunia K-Pop. Karena beberapa idol K-pop bubar sepanjang tahun ini.

Ya, setiap tahunnya agensi-agensi di Korea Selatan berlomba-lomba mendebutkan idol group baru. Kehadiran para rookies ini menambah sengit persaingan di pasar K-Pop.

Persaingan yang ketat di Industri K-Pop ini memunculkan idol-idol yang bertahan hidup dan yang gagal untuk bertahan hidup. Mereka yang gagal bertahan hidup ini akhirnya harus merasakan pembubaran.

Nah di tahun 2020 ini ada beberapa idol group yang harus mengalami pembubaran dengan alasan yang cukup beragam.

Siapa saja idol k-pop bubar di tahun 2020? Simak ulasan Aegyo Rewind selengkapnya di bawah ini.

X1

X1
Source image: twitter.com/x1official101

Idol group pertama yang resmi dibubarkan di tahun 2020 ini adalah X1.

Idol group ini baru debut di kuartal ketiga tahun 2019 yang lalu. Mereka sempat mencuri perhatian setelah single debut mereka, Flash meledak di pasar Korea Selatan.

Namun baru sekitar satu bulan debut, aktivitas mereka harus dibekukan setelah skandal pengaturan voting di Produce X 101 terkuak. Setelah beberapa bulan kasus ini berlarut-larut, pada tanggal 6 Januari 2020 idol group ini resmi dibubarkan dan semua member dipulangkan ke agensi masing-masing.

1the9

1the9

Idol group kedua yang harus merasakan pahitnya pembubaran adalah 1the9.

1the9 adalah idol group yang terbentuk pada tahun 2019 melalui survival show berjudul Under Nineteen. Sebanyak sembilan member tergabung dalam idol group ini.

Namun karena kontrak mereka di PocketDol Studio hanya berlangsung selama 12 bulan, maka per Agustus 2020 idol group ini resmi dibubarkan sesuai dengan kontrak.

Hinapia

Hinapia

Idol group ketiga yang dibubarkan pada tahun 2020 ini adalah Hinapia.

Hinapia sendiri merupakan idol group yang dibentuk OSR Entertainment pada November 2019 yang bermaterikan sejumlah mantan member girl group terkenal, Pristine.

Namun sayang per Agustus kemarin Hinapia resmi dibubarkan. Menurut informasi yang beredar, kesulitan ekonomi yang dialami OST Entertainment dan penjualan album mereka yang kurang baik membuat idol group ini harus dibubarkan.

NeonPunch

Neonpunch

Idol group keempat yang resmi dibubarkan di tahun 2020 adalah NeonPunch.

NeonPunch sendiri bukan idol kemarin sore. Mereka debut di tahun 2018 dan sudah emngeluarkan dua album.

Namun sayang penjualan album mereka kurang baik. Selain itu agensi mereka mengalami masalah keuangan karena COVID-19 sehingga pada bulan Agustus 2020 kemarin idol group ini resmi dibubarkan.

SSAK3

SSAK3

Idol group kelima yang resmi bubar pada tahun 2020 ini adalah SSAK3.

SSAK3 ini merupakan sebuah proyek yang digagas MC kondang Korea Selatan, Yoo Jae Suk di mana ia membentuk idol group bersama dengan Rain dan Lee Hyori. Single mereka In The Summer sangat disukai di Korea Selatan di mana mereka sempat memuncaki GAON Chart dan meraih kemenangan di acara musik.

Namun idol group ini ‘dibubarkan sementara’ dan kemungkinan besar bisa kembali di tahun depan dengan line up yang berbeda.

You may also like

More in K-Pop

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *