EntertainmentK-Pop

10 Agensi Penyumbang Debutan Terbanyak di Produce Series

0

Aegyo.id – Program survival Produce X 101 resmi berakhir minggu lalu. Setelah 11 pekan ditayangkan, terbentuklah sebuah boygroup baru bernama X1 yang terdiri dari 11 finalis program tersebut (yang picknya gak debut, jangan sedih ya).

Produce X 101 sendiri merupakan season keempat dari ‘Produce Series‘. Sebelumnya ada Produce 101 season 1 yang mendebutkan Girl Group I.O.I, lalu ada Produce 101 season 2 yang mendebutkan Wanna One dan Produce 48 yang mendebutkan IZ*ONE.

Berbeda dari program survival lainnya yang biasanya diikuti oleh trainee dari satu agensi, Produce series mengundang seluruh agensi di Korea Selatan untuk mengirimkan perwakilannya di acara ini. Baik agensi kecil sampai The Big Three juga mengirimkan perwakilan mereka di acara ini.

Setelah empat musim, ternyata ada beberapa agensi yang berhasil menyumbangkan banyak member dalam idol group yang dibentuk di program Produce series ini. Siapa sajakah agensi ini? Yuk intip di bawah ini.

Jellyfish Entertainment

Source Image: instagram.com/ioi_official.ig

Jellyfish merupakan salah satu agensi yang mengikuti Produce series sejak season pertama. Mereka konsisten mengirimkan trainee-trainee mereka untuk mengikuti program ini.

Tercatat ada dua trainee Jellyfish yang berhasil debut di Produce Series. Mereka adalah Kang Mina dan Kim Sejeong yang debut bersama I.O.I di season pertama.

Di Produce X 101 kemarin, trainee Jellyfish, Kim Mingyu sebenarnya sudah masuk ke babak final. Namun ia hanya finish di peringkat 12, sehingga ia tidak jadi debut bersama X1.

MMO Entertainment

Source Image: instagram.com/wannaone.official

MMO Entertainment tercatat baru berpartisipasi di Produce 101 Season 2. Pada saat itu mereka mengirimkan lima trainee untuk mengikuti program survival tersebut.

Dari lima trainee itu, dua di antara mereka berhasil debut bersama Wanna One. Mereka adalah Yoon Jisung dan center Wanna One, Kang Daniel.

Namun sekarang Daniel sudah tidak bersama MMO lagi, di mana ia mendirikan agensi baru bernama Konnect Entertainment.

HKT48

Source Image: instagram.com/official_izone

Produce 48 merupakan sebuah program paling berbeda dari Produce-Produce series yang lain. Hal ini dikarenakan untuk pertama kalinya Produce series bekerjasama dengan 48 Families yang menaungi idol-idol group terkemuka di Jepang.

Salah satu agensi yang mengirimkan perwakilannya di Produce 48 ini adalah HKT48 yang bermarkas di Hakata, Fukuoka. Pada saat itu mereka mengirimkan 10 member mereka untuk mengikuti Produce 48.

Dari 10 member itu, dua di antaranya berhasil debut bersama IZ*ONE yaitu Yabuki Nako dan center ‘Nekkoya’ dan runner up Produce 48, Miyawaki Sakura.

Yuehua Entertainment

Source Image: instagram.com/produce_x_101

Sama seperti MMO, Yuehua absen di Produce 101 Season 1. Mereka baru berpartisipasi sejak Season kedua dan rutin mengirimkan trainee mereka hingga season ke 4.

Di season kedua, salah satu trainee mereka, Ahn Hyeongseop berhasil memasuki babak final. Namun ia gagal debut karena hanya finish di peringkat 16.

Trainee pertama mereka yang debut di Produce Series adalah Choi Ye Na yang debut sebagai member IZ*ONE. Sementara di Produce X 101, Cho Seungyoun juga debut bersama X1 setelah menduduki peringkat 5.

Fantagio

Source image: instagram.com/osw_onge

Fantagio Entertainment tercatat cukup aktif mengirimkan trainee mereka ke Produce Series. Mereka hanya absen satu kali tidak mengirimkan trainee pada season 3, yaitu Produce 48.

Di season pertama, dua trainee mereka, Choi Yoojung dan Kim Doyeon berhasil debut bersama I.O.I. Saat ini keduanya bergabung dengan Idol Group Weki Meki.

Sementara di season kedua, satu-satunya perwakilan mereka, Ong Seongwu debut bersama Wanna One setelah menduduki rangking 5.

Pledis Entertainment

Source Images: instagram.com/zhou.jieqiong

Sebagai salah satu agensi besar di Korea Selatan, Pledis Entertainment tidak gengsi untuk mengirimkan perwakilan mereka di Produce Series. Mereka berpartisipasi di season 1-3, sementara mereka absen di season 4.

Di season pertama, dua dari tujuh trainee yang mereka kirim berhasil debut bersama I.O.I. Mereka adalah Lim Nayoung yang menjadi leader I.O.I dan Zhou Jieqiong a.k.a Pinky.

Sementara di season kedua, Hwang Minhyun juga debut bersama Wanna One setelah finish di peringkat 9.

MBK Entertainment

Source Images: instagram.com/produce_x_101

MBK Entertainment tercatat hanya dua kali mengirimkan trainee mereka di Produce Series, yaitu pada season pertama dan season keempat.

Di season pertama, mereka berhasil mendebutkan Jung Chaeyeon bersama I.O.I, sementara dua member lainnya yang merupakan member DIA, Ki Heuhyeon dan Kim Danielle gagal mendapatkan debut.

Sementara di season empat, dua trainee mereka berhasil debut bersama X1 yaitu Nam Dohyun dan Lee Hangyul yang finish di peringkat 8 dan 7.

Woollim Entertainment

Source Image: instagram.com/official_izone

Wollim yang dikenal sebagai agensi dari Infinite baru berpartisipasi di Produce 48. Pada saat itu mereka mengirimkan empat trainee untuk berkompetisi di program tersebut.

Dari empat trainee tersebut, dua diantaranya berhasil debut bersama IZONE. Mereka adalah Kwon Eunbi yang merupakan Leader IZ*ONE dan Kim Chaewon yang merupakan Lead Vocal IZ*ONE.

Di musim kedua mereka, Woollim kembali memiliki member yang debut bersama X1. Ia adalah Cha Junho yang menempati peringkat 9 Produce X 101.

Brand New Music

Source Images: wannaone.official

Di Korea Selatan, Brand New Music dikenal sebagai agensi Hip Hop. Banyak rapper kenamaan yang bergabung dengan Agensi bentukan Rhymer ini.

Itulah mengapa banyak orang terkejut ketika Brand New mengirimkan trainee idol mereka ke Produce 101 Season 2. Namun pada saat itu empat trainee mereka, berhasil mencuri perhatian publik dengan performa mereka yang spektakuler, sehingga Lee Daehwi dan Park Woojin debut bersama Wanna One, di mana Daehwi dikenal sebagai center ‘Nayana’.

Sementara di season empat, Brand New kembali mengirimkan empat trainee mereka yang lagi-lagi mencuri perhatian publik. Namun hanya satu dari antara mereka yang debut, yaitu Lee Eunsang yang menempati posisi ‘X’ yang merupakan terobosan terbaru di season 4 ini.

Starship Entertainment

Source Image: instagram.com/produce_x_101

Jika ada salah satu agensi yang paling rajin mengikuti Produce series, kayaknya gak berlebihan jika predikat itu bisa disematkan kepada Starship Entertainment. Mereka tidak pernah absen mengirimkan trainee mereka sejak season pertama.

Tercatat ada total lima trainee Starship Entertainment yang debut di Produce Series. Di season satu, ada Yoo Yeunjung yang debut bersama I.O.I sementara di season dua tidak ada perwakilan mereka di Wanna One.

Di season ketiga, dua member mereka yaitu Ahn Yujin dan Jan Wonyoung debut bersaam IZ*ONE di mana Wonyoung menjadi pemenang Produce 48. Sementara di season empat ada dua trainee mereka yang debut di X1, yaitu Kang Minhee dan Song Hyungjun.

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *