K-Drama

Tentang Penulis Kim Soon Ok, Sosok Dibalik Kesuksesan Drama Makjang

0
Image from MyDramaList & Instagram @sbsdrama.official
Image from MyDramaList & Instagram @sbsdrama.official

Aegyo.id – Penulis drama Kim Soon Ok terkenal dengan karyanya yang selalu sukses mebuat penonton terbawa emosi hingga darah tinggi. Salah satu karya Kim Soon Ok yang memantapkan reputasinya sebagai spesialis naskah drama makjang adalah Temptation of Wife yang dirilis pada tahun 2008-2009 lalu.

Terkini, Kim Soon Ok kembali membuktikan bakatnya lewat drama The Penthouse. Drama SBS itu memiliki alur cerita yang berkaitan dengan tragedi dramatis serta jajaran karakter yang memiliki sifat menjengkelkan.

Berkat kesuksesannya membuat drama makjang, banyak pula yang ingin mengetahui lebih banyak sosok penulis bernama Kim Soon Ok ini. Buat yang penasaran, inilah fakta sosok dibalik drama yang penuh dengan plot twist tersebut.

1. Profil Sang Penulis

Image from Namuwiki
Image from Namuwiki

Kim Soon Ok merupakan screenwriter asal Korea Selatan yang lahir pada 25 Mei 1971. Ia adalah sarjana Ewha Womans University jurusan bahasa dan literasi sehingga tak heran ia mampu membuat naskah yang berkualitas.

Debutnya dimulai pada tahun 2000 saat berkontribusi dalam pembuatan naskah teater terbaik MBC, Politeness to Love. Kemudian dirinya bertanggung jawab atas skenario drama pagi berjudul Heart of Destiny dan mulai mengembangkan karya dengan ciri khasnya sendiri.

2. Kisah Drama yang Menjadi Ciri Khas Kim Soon Ok

Image from Instagram @sbsdrama.official
Image from Instagram @sbsdrama.official

Salah satu penggambaran konflik yang menjadi ciri khas Kim Soon Ok adalah konfrontasi tajam antara orang tua dan anak. Seperti kisah tokoh Go Eun Jae di drama Temptation of Wife yang harus berpura-pura di depan orang tua dan keluarganya untuk membalaskan dendam.

Adapula karakter Yeon Min Jung dalam drama Come! Jang Bo ri yang memperlakukan ibunya seperti bukan siapa-siapa karena kesuksesan dan keinginannya sendiri. Kemudian di seri The Penthouse ada si kembar Joo Seok Hoon dan Joo Seok Kyung yang bersikap arogan meski ibu tirinya mencintai mereka dengan tulus.

3. Akhir Cerita untuk Tokoh Antagonis

Image from Namuwiki
Image from Namuwiki

Selain sering menceritakan tentang hubungan keluarga yang tidak harmonis, Kim Soon Ok juga kerap memainkan emosi penonton lewat skenario untuk karakter antagonis. Biasanya figur penjahat yang muncul di karyanya selalu berakhir setimpal dengan perbuatannya terhadap tokoh utama.

Sebagai contoh ada Kang Man Hoo yang kehilangan segalanya dan di penjara karena terobsesi dengan cinta serta keserakahan di drama My Daughter, Geum Sa Wol. Lalu pemeran Lee Gye Hwa di seri Band of Sisters yang melarikan diri dari polisi yang berakhir dipenjarakan di bangsal psikiatri kriminal.

4. Alasan Suka Menulis Drama Makjang

Image from Youtube EUBS EWHA
Image from Youtube EUBS EWHA

Saat wawancara dengan media Ewha Today, Kim Soon Ok mengungkap alasan dibalik semangatnya menulis naskah drama makjang. Bukan untuk membuat penonton berurai air mata, tetapi penulis naskah drama The Last Empress ini ingin memberi harapan kepada mereka yang putus asa hingga ingin mengakhiri hidup.

“Sebagai penulis drama, saya tidak ingin memberikan nilai yang besar atau membuat seluruh orang menjadi lautan air mata. Yang saya inginkan hanyalah memberikan harapan hidup pada mereka yang ingin mati hari ini, (atau) kakek-nenek kesepian yang menunggu drama saya, itu cukup menjadi kesenangan yang bermanfaat bagi saya”.

5. Latar Belakang Karir Kim Soon Ok

Image from Youtube 채널A Entertainment
Image from Youtube 채널A Entertainment

Selama berkarir, dirinya menandatangani kontrak dengan agensi anak perusahaan SM Entertainment. Tepatnya berada dalam naungan SM Life Design Group, sebuah industri khusus untuk menangani pembuatan konten film, logistik, serta perencanaan dan produksi drama.

Kemudian, kontribusi Kim Soon Ok di balik layar drama Korea akhirnya semakin diakui pada tahun 2014 dengan memenangkan penghargaan Best Screenplay dalam proyek stasiun MBC bertajuk Come! Jang Bo Ri.

Tahun ini sang penulis diprediksi juga akan memiliki catatan bersejarah berkat drama The Penthouse yang berhasil menjadi viral di kalangan pecinta drama.

You may also like

More in K-Drama

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *