K-Drama

Tak Melulu Kocak, 6 Adegan di ‘Running Man’ Ini Tuai Komentar Nyinyir

0
Image from Instagram @sbs_runningman_sbs
Image from Instagram @sbs_runningman_sbs

Aegyo.id – Acara ragam ‘Running Man’ baru saja mendapat kritikan pedas dari sejumlah netizen. Kontroversi bermula ketika salah satu games yang dimainkan dianggap terlalu tidak mengenakkan untuk dilihat.

Tepatnya di episode 529, ketiga member ‘Running Man’ yaitu Jeon So Min, Song Ji Hyo dan Yang Se Chan terlihat kesakitan saat mengikuti misi memasang karet sebanyak mungkin di sekitar wajah mereka. Games yang dinilai penonton terlalu ‘menyiksa’ ini juga dimainkan oleh dua anggota SEVENTEEN, Hoshi dan Mingyu.

Selain permainan yang dianggap menyakitkan tersebut, ada beberapa adegan dalam variety show ‘Running Man’ yang juga sempat menuai perdebatan di kalangan netizen. Apa sajakah?

1. Member Kelima BLACKPINK

Image from Instagram @jsomin86
Image from Instagram @jsomin86

Jeon Somin mendapat komentar nyinyir saat menyelesaikan sebuah misi. Kala itu Somin terlihat menendang Jisoo demi memenangkan permainan, namun beberapa netizen justru menyoroti kejadian tersebut dan menjadikan bahan hate comments.

Tak hanya itu, Somin juga mendapat komentar sinis ketika tampil sebagai member kelima dari girl grup Jennie cs. Saat itu dirinya mengaku sebagai ‘Jasoo’ dan sempat menari bersama keempat member sebagai bentuk hukuman.

2. Style Jadul Song Jihyo

Image from Instagram @sbs_runningman_sbs
Image from Instagram @sbs_runningman_sbs

Kali ini giliran staf penata busana dari Song Jihyo yang menjadi target komentar nyinyir. Netizen mengkritik sang stylist karena memberikan pakaian yang kurang menarik dan rambutnya tidak ditata secara khusus atau sering terlihat memakai topi.

Bahkan para pemain ‘Running Man’ sempat bercanda tentang gaya rambut Song Jihyo yang terlihat jadul dan mirip ibu dari masa lalu. Karena itulah, netizen menuntut agar aktor 39 tahun ini segera mencari stylist baru.

3. Fobia Dijadikan Sebuah Hukuman

Image from Youtube SBS Running Man
Image from Youtube SBS Running Man

Di episode ‘HaHa’s Week’, anggota staf mendapat kritik negatif karena memaksa Song Jihyo menghadapi ketakutannya pada serangga sebagai bentuk hukuman. Karena memiliki fobia yang ekstrem, Jihyo memohon HaHa untuk menyelamatkannya sambil menangis.

Setelah dibebaskan dari hukuman, Jihyo tampak berlari sempoyongan hingga jatuh tersungkur. Melihat ekspresi trauma tersebut, netizen langsung mengkritik pihak staf yang bertindak terlalu berlebihan dengan meremehkan fobia sang aktor.

4. Memperlihatkan Adegan Tidak Etis

Image from Youtube SBS Running Man
Image from Youtube SBS Running Man

Setelah menayangkan episode ke-476, ‘Running Man’ dinyatakan melanggar peraturan penyiaran karena sentuhan yang tidak pantas. Menurut Komisi Standar Komunikasi Korea, episode ini memuat tindakan tidak etis dengan menyentuh bagian tubuh yang vital.

Awalnya, HaHa dengan sengaja mengulurkan tangannya di antara kaki Choi Min Yong. Namun sayangnya, pihak staf tidak memotong adegan tersebut dan menjadi pembicaraan penonton hingga berimbas pada pelanggaran pasal penyiaran.  

5. Dianggap Menyinggung Isu Sosial

Image from Instagram @sbs_runningman_sbs
Image from Instagram @sbs_runningman_sbs

Staf editing juga pernah terlibat kontroversi saat menulis keterangan di salah satu screen. Kalimat yang menimbulkan kritik pedas di antara pemirsa itu dinilai merujuk pada insiden penyiksaan salah satu aktivis politik Korea Selatan bernama Park Jong Chul.

Saat itu, kalimat berbunyi “Dia ‘mengetuk’ nomor 1 yang membuatnya tersedak seperti ‘ugh’,” terdengar seperti pernyataan polisi terkait kasus sang aktivis. Sebagai tanggapan, staf kemudian menyatakan kejadian itu hanya berupa sindiran dan tidak bermaksud untuk merujuk insiden itu.

6. Diduga Menyiarkan Konten Berbahaya

Image from Youtube SBS Running Man
Image from Youtube SBS Running Man

Giliran Lee Kwang Soo yang kini mendapat serangan setelah menggunakan kata yang dinilai terlalu vulgar. Saat itu, dirinya menyebut Hyejeong AOA sebagai “kkotbam” yang merupakan istilah negatif di kalangan anti-feminis.

Sejak kejadian itu, Komisi Standar Komunikasi Korea meminta pertemuan untuk meninjau episode yang dianggap menyiarkan konten membahayakan kesetaraan gender. Hasilnya, ‘Running Man’ sempat menerima tindakan disipliner atas kelalaian dari Lee Kwang Soo tersebut. Aduh..

You may also like

More in K-Drama

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *