K-Drama

Mempekerjakan Orang di Luar Batas, Begini Klarifikasi Studio Tempat Syuting Arthdal Chronicles

0
Song Joong Ki di drama Arthdal Chronicles. (Foto: Soompi.com)
Song Joong Ki di drama Arthdal Chronicles. (Foto: Soompi.com)

Saat ini mata publik tertuju pada sebuah perusahaan produksi bernama Studio Dragon. Seperti diketahui, studio ini menjadi tempat syuting drama terbaru berjudul Arthdal Chronicles. Drama ini sendiri menceritakan kisah para pahlawan di kota mitos Artdal.

Seperti yang dilansir dari Soompi, pada 10 April, Hanbit Media Labor Rights Center dan Staff Union Department of Hope Solidarity Labor Unio mengadakan konferensi pers untuk menyuarakan keprihatinan tentang kondisi kerja yang tak memadai untuk para pekerja di set drama tersebut.

Bagimana tidak membuat orang prihatin? Pasalnya para pekerja diwajibkan untuk bekerja selama 151 jam dalam seminggu tanpa hari libur. Laporan ini pun langsung ditanggapi oleh pihak Studio Dragon. Mereka mengaku jika sudah melakukan pembicaraan dengan Penyiaran Staf dari Hope Solidarity Labor Union untuk memperbaiki kondisi kerja.

Pihak Studio Dragon diminta untuk mematuhi aturan kerja 68 jam per minggu. Mereka juga meminta untuk tim art dan makeup mendapatkan hari libur, namun pihak Studio Dragon menolak. Mereka beralasan jika tim art dan makeup merupakan karyawan yang berafiliasi.

Pada 17 April, seorang staf produksi mengatkan jika Arthdal Chronicles merupakan drama dengan genre yang unik dan dicoba untuk pertama kalinya di Korea. Oleh karena itu, tim produksi pun memutuskan menggunakan staf dengan kemampuan terbaik. Staf tersebut mengaku jika mereka menggunakan lebih banyak perkerja daripada drama biasanya, dan memberikan gaji yang sesuai dengan keterampilannya.

“Kami mengoperasikan Tim A dan Tim B secara bersamaan. Pada hari-hari dengan jadwal yang sulit, kami mencoba syuting dengan Tim A dan B secara terpisah di pagi dan malam hari. Dari total 146 sesi dan 30 minggu syuting hingga 12 April, waktu produksi 68 jam per minggi dengan pengecualian satu minggu syuting di luar negeri,” tutur staf produksi.

“Selama tujuh bulan, Tim A diberi libur 97 hari dan syuting selama 106 hari. Tim B melakukan syuting selama 40 hari dan 75 hari libur. Kami merekomendasikan staff yang digilir oleh tim. Setelah syuting sampai dini hari, kami bersikeras untuk menawarkan istirahat. Kami merasa menyesal karena tidak dapat merawat karyawan secara cermat,” lanjutnya.

Arthdal Chronicles sendiri dibitangi oleh Song Joong Ki, Jang Dong Gun, dan Kim Ji Won. Drama ini sendiri akan tayang pada bulan Juni pada hari Sabtu dan Minggu.

You may also like

More in K-Drama

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *