Kim Ji-Young, Born 1982 from Lotte Entertainment/Spring Wind Film Company and Instagram @soojunglim_
Kim Ji-Young, Born 1982 from Lotte Entertainment/Spring Wind Film Company and Instagram @soojunglim_
K-Drama

Film dan Drama Korea yang Wajib Ditonton untuk Merayakan Hari Perempuan Sedunia

0

Aegyo.id – Peran perempuan dalam kehidupan di Bumi ini memang luas, unik dan ganda. Tidak hanya bisa meraih prestasi secara sosial, ekonomi, budaya, dan politik tapi perempuan juga dapat menjalankan naluri mereka sebagai ibu atau istri.

Melalui sebuah gerakan kecil, perempuan masa kini perlahan namun pasti telah membuktikan bahwa mereka mampu menjadi apa saja yang mereka inginkan. Perempuan adalah sosok layak diapresiasi, diberi perlindungan dan bebas mencari jati diri.

Merayakan Hari Perempuan Sedunia, berikut sederet film dan drama Korea yang menceritakan kegigihan perempuan dan bisa membuat kamu belajar mengapresiasi apa yang telah mereka lakukan. Kamu sudah nonton semua?

1. Kim Ji-Young, Born 1982 (2019)

Kim Ji-Young, Born 1982 from Lotte Entertainment/Spring Wind Film Company
Kim Ji-Young, Born 1982 from Lotte Entertainment/Spring Wind Film Company

Tidak hanya menguras air mata, film yang diangkat dari novel dengan judul serupa karya Cho Nam Ju ini juga menjanjikan setiap penontonnya baik perempuan dan laki-laki akan larut dalam emosi.

Berkisah seorang ibu rumah tangga bernama Kim Ji Young yang terjebak dalam rutinitas dan mulai kehilangan jati diri akibat tuntutan sosial. Sebagai seorang istri, ibu, sekaligus menantu, kerja keras Kim Ji Young seringkali dianggap sepele hingga ia harus berjuang melawan ego dan menanggalkan banyak hal dalam hidupnya. Termasuk terpaksa keluar dari pekerjaannya karena hamil, dan beragam mindset kuno yang merugikan dirinya.

Film berdurasi 1 jam 58menit itu mengajarkan pentingnya empati terhadap kaum perempuan bahwa rumitnya dilema antara karir dan keluarga sehingga usahanya layak diapresiasi orang terdekat.

2. When the Camellia Blooms (2019)

When The Camellia Blooms - Instagram @kbsdrama
When The Camellia Blooms – Instagram @kbsdrama

“Setiap perempuan berhak mendapatkan kebahagiaan”, adalah sepenggal kalimat yang kurang lebih bisa menjelaskan drama yang dibintangi Kong Hyo Jin dan Kang Ha Neul ini.

When the Camellia Blooms bercerita tentang seorang ibu tunggal yang selalu mendapat perlakuan tidak baik dari orang sekitar, hingga akhirnya menemukan cinta sejati yang dikemas dengan sangat indah.

Sifat suportif antar karakternya mengisyaratkan bahwa perempuan itu berharga dan saling mendukung untuk mandiri serta berkembang. Selain itu drama ini juga berusaha membuktikan bahwa tidak ada yang salah dengan status janda. Seperti sikap Dong Baek (Gong Hyo Jin) pada Hyang Mi (Son Dam Bi) yang berusaha mengembalikan kepercayaan diri di saat tidak ada orang yang mempedulikan mereka.

3. Search: WWW (2019)

Search: WWW. (Foto: instagram.com/tvndrama.official)
Search: WWW. (Foto: instagram.com/tvndrama.official)

Menyajikan kehidupan para perempuan profesional di tempat kerja, drama Korea ini bercerita seputar sepak terjang perempuan dalam berkarir dan mempertahankan posisinya di sebuah perusahaan.

Karakter ketiga pemeran ini mengajarkan untuk tidak termakan stigma berlatar genderisasi. Meskipun begitu, ketiga tokoh utama perempuan ini tetap membutuhkan cinta dalam hidup mereka, seperti tokoh Bae Tami yang awalnya fokus kerja saja namun “kepincut” juga sama berondong ganteng bernama Park Morgan.

Search: WWW memang drama yang woman-centered, namun dari kisahnya membuat kita dapat belajar untuk menanamkan rasa percaya diri, tangguh dan menjadi sosok inspiratif.

4. VIP (2019)

VIP from Instagram @sbsnow_insta
VIP from Instagram @sbsnow_insta

Drama perselingkuhan antar suami dan rekan kerja yang berujung balas dendam dengan cara elegan ditunjukkan Jang Na Ra lewat akting penuh penjiwaan.

Seolah mewakilkan perasaan perempuan yang sedang dimadu, ia sangat terpukul atas ketidakjujuran suaminya dan mengambil langkah untuk menjerumuskan pelakor dengan cara profesional tanpa mencampur adukkan masalah pribadi dan urusan kantor.

Alih-alih melabrak penuh amarah, karakter Na Jung Sun memilih balas dendam melalui prestasi dengan integritas yang dimiliki. Sosok Wonder Woman yang sebenarnya nih, bikin semua perempuan tepuk tangan!

5. Miss Baek (2018)

Miss Baek from Little Big Pictures
Miss Baek from Little Big Pictures

Dibesarkan di panti asuhan dan punya catatan kriminal, Baek Sang A (Han Ji Min) pernah mengalami kekerasan dan terpaksa melukai seseorang yang melecehkannya.

Hingga suatu hari Baek Sang A bertemu dengan seorang anak perempuan kecil penuh memar di tubuh akibat penyiksaan yang dilakukan ayahnya. Baek Sang A berusaha melaporkannya pada polisi tapi malah dicurigai karena catatan kriminal yang ia miliki.

Sejak saat itu ia merasa berkaca pada masa lalunya, dan bertekad melindungi anak tersebut dari lingkar setan yang dinamakan kekerasan. Butuh upaya keras baginya untuk melakukan gerakan memutus rantai kekerasan dan mendapatkan kebahagiaan terlepas dari masa lalunya yang kelam.

6. Miss and Mrs. Cops (2019)

Bekerja sebagai polisi yang didominasi oleh kaum pria memang kadang gampang-gampang susah. Apalagi ketika rekan kerja kerap meremehkan kerja keras para polwan, ugh nyess rasanya…

Film Miss and Mrs. Cops ini menggambarkan apa yang dialami Mi Yeong yang telah menikah dan adik iparnya yang sama-sama menjadi polwan. Ketika ada kasus rekaman porno ilegal yang melibatkan gadis-gadis muda, keduanya tak mendapat bantuan sama sekali dari rekannya. Geram, mereka akhirnya mencoba memecahkan kasus ini berdua saja.

Meski dibalut dengan unsur komedi, namun film yang dibintangi Ra Miran, Lee Sung Kyoung dan Choi Sooyoung ini membuktikan bahwa perempuan juga bisa tangguh apalagi ketika berusaha melindungi sesama kaum perempuan.

You may also like

More in K-Drama

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *