Image from Instagram @jtbcdrama
Image from Instagram @jtbcdrama
K-Drama

5 Nasehat Positif yang Bisa Dipetik Dari Drama ‘Mystic Pop-up Bar’

0

Aegyo.id – Drama fantasi bertajuk Mystic Pop-up Bar memang menyuguhkan kisah yang unik yakni menceritakan kehidupan duniawi dan reinkarnasi. Selain menghadirkan gelak tawa, drama yang diperankan oleh Hwang Jung Eum, Choi Won Young dan Yook Sungjae ini juga membawa banyak nasehat yang bermanfaat dalam kehidupan kita.

Serial adaptasi webtoon tersebut seolah mengingatkan kita untuk merefleksikan diri dalam bersosialisasi antar sesama manusia. Apa sajakah itu?

1. Hukum Tanam Tuai

Image from YouTube JTBC

Drama yang juga mengisahkan tentang kehidupan di ‘dunia lain’ ini mengisyaratkan agar selalu berbuat baik selagi hidup di Bumi. Perbuatan baik selama di dunia akan memberi kita kehidupan yang lapang di alam baka, dan drama ini menggambarkan filosofi tersebut dengan cukup menarik.

Misalnya kisah nenek Jin Dong bernama Jeom Rye yang banyak membantu temannya yang kini telah mendahuluinya pergi ke surga. Sikap toleransi yang tulus dari nenek Jeom Rye kemudian dibalas oleh arwah temannya itu dengan menyembuhkan penyakit punggung yang diderita sang nenek.

Kisah tersebut seolah mengajarkan kita bahwa hukum tanam tuai masih berlaku, yaitu ketika berbuat baik, tanpa disadari nantinya akan dibalas kebaikan pula oleh orang lain.

2. Kurangi Sifat Nyinyir

Image from YouTube JTBC

Ada yang lebih tajam dari ujung pisau, yaitu perkataan atau komentar buruk yang keluar dari mulut seseorang. Tanpa disadari, rumor keji yang beredar di sekeliling kita dapat menyebabkan sang korban putus asa hingga berakhir merenggut nyawa. Oleh sebab itu, sebaiknya mengurangi sifat nyinyir demi menjaga perasaan antar sesama.

Seperti yang kita tahu, Weol Ju yang merupakan anak dari seorang wanita cenayang itu membacakan mimpi seorang Putera Mahkota. Namun ketika terbangun dari tidurnya, gelagat aneh dari sang putra mahkota justru menimbulkan kecurigaan warga sekitar.

Banyak penduduk lokal menuduh Weol Ju telah ‘menaruh’ sesuatu di mimpi Putera Mahkota hingga menjual tubuh demi menjadi seorang selir. Gosip semakin memanas hingga Weol Ju gantung diri di pohon keramat dengan mengucapkan kalimat dendam, “Dalam kematianku pun… dalam kematianku pun, akan ku kutuk kalian semua!”.

3. Berani Mengungkap Kebenaran

Terlepas dari posisi atasan dan bawahan dalam dunia kerja, bila menjadi korban pelecehan sebaiknya jangan takut untuk bersuara. Kenapa? Karena dengan berani mengungkap kebenaran, maka akan memberi efek jera ke pelaku sekaligus menciptakan lingkungan kerja yang sehat.

Meski awalnya berat bagi Mi Ran untuk mengadukan tindakan bejat asisten Park, namun akhirnya ia berhasil meluapkan keluh kesahnya berkat bantuan Weol Ju. “Orang yang menggunakan kekuasaan untuk menekan orang lain di pekerjaan memang paling berengsek”, ujar Weol Ju dengan menggebu-gebu.

4. Berhenti Berbuat Curang

Mengandalkan latar belakang keluarga demi mendapat pekerjaan memang sering kita jumpai. Hal tersebut sebaiknya jangan kamu lakukan ya, karena sejatinya kemenangan yang nyata diperoleh dari kerja keras, tekad dan kejujuran. Bukan secara menyuap atau nepotisme.

Seperti kisah Tuan Choi yang merekrut karyawan secara tidak adil melalui jalur relasi. Tak berselang lama, Tuan Choi harus menerima ganjaran akibat perbuatan buruknya. Video CCTV terkait ulah curangnya yang mencoba memanfaatkan seorang jaksa untuk menghentikan kebobrokannya ternyata tersebar luas di media.

5. Hindari Berprasangka Buruk

Terkadang kita suka menyimpulkan suatu masalah berdasarkan pemikiran sendiri tanpa melihat sudut pandang orang lain. Hal ini otomatis memicu kesalahpahaman di antara dua belah pihak, sehingga terjadi perselisihan dan berakhir dengan penyesalan.

Sebagai manusia, ada baiknya jika mendengarkan penjelasan terlebih dulu sebelum berprasangka buruk terhadap lawan bicara.

Sebagai contoh kisah pemuda bernama Do Yeong yang merasa menyesal dan menyalahkan kebodohannya karena selalu mementingkan dirinya sendiri tanpa peduli penjelasan dari sang kekasih.

Keduanya mengalami kesalahpahaman yang tidak sempat terselesaikan hingga pacarnya meninggal usai mengidap serangan jantung.

Itulah secuil nasehat yang bisa kita ambil dari drama Mystic Pop-up Bar. Walau hanya tayang 12 episode saja, tapi jalan ceritanya sangat kuat dan langsung membuat penonton ingin berkaca dengan kehidupan yang telah dijalani selama ini.

Drama ini recommended banget! Tonton ya.

You may also like

More in K-Drama

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *