K-Beauty

8 Standar Kecantikan Perempuan Versi Korea Selatan, Nomor 5 Bikin Insecure

0
Image from Instagram @wow_kimsohyun
Image from Instagram @wow_kimsohyun

Aegyo.id – Perempuan Korea Selatan dikenal memiliki standar kecantikan sendiri. Tak ayal, mereka berusaha memenuhi tuntutan tersebut dengan berbagai cara termasuk operasi plastik.

Selain tren plastic surgery, mereka juga kerap menjaga bentuk tubuh dengan diet yang terbilang ekstrim. Nah, apa saja yang menjadi perhatian para gadis demi penampilan ‘idealnya’? Berikut informasi 8 standar kecantikan perempuan Korea Selatan yang harus kamu ketahui.

1. Kelopak Mata Ganda

Image from Instagram @ssinz7
Image from Instagram @ssinz7

Double eyelid menjadi standar kecantikan yang paling umum di Korea Selatan. Tak heran, prosedur bedah plastik pada bagian kelopak mata ini menjadi sangat populer di kalangan remaja berusia minimal 14 tahun.

Di antaranya bahkan meminta tindakan operasi sebagai bentuk hadiah ulang tahun atau momen ‘Sweet Seventeen’. Sebab, kebanyakan dari mereka memiliki persepsi cantik adalah jika memiliki lipatan mata ganda.

2. Ukuran Wajah Mungil

Image from Instagram @wm_ohmygirl
Image from Instagram @wm_ohmygirl

Seorang gadis juga dianggap mengagumkan jika memiliki wajah mungil bak seukuran telapak tangan orang dewasa. Hal ini membuatnya terlihat imut sekaligus menarik untuk dilihat.

Beberapa idola yang sering dipuji karena terlahir dengan ukuran wajah kecil adalah Jennie Blackpink, Yuna Itzy, Yooa Oh My Girl serta solois IU.

3. Bentuk Rahang V-Shape

Image from Instagram @ahnhani_92
Image from Instagram @ahnhani_92

Korea Selatan menjadi negara yang mencetuskan tren wajah V-shape. Mereka rela terbaring di meja operasi demi mendapatkan struktur pipi yang tirus dengan dagu yang lancip.

Sejumlah beauty clinic diketahui menawarkan pembentukan V-shape melalui botox, filler hingga potong rahang. Belakangan tren ini pun mendunia dan digandrungi oleh banyak perempuan Asia lainnya termasuk Indonesia.

4. Kulit Putih Porcelain

Image from Instagram @taeyeon_ss
Image from Instagram @taeyeon_ss

Semakin putih dan pucat warna kulit, maka perempuan tersebut semakin terlihat menawan. Pandangan ini sepertinya sudah sangat umum, karena sebagian besar masyarakat oriental memang memiliki warna kulit putih porcelain.

Namun beberapa selebriti seperti Lee Hyori, Jessi, Hwasa Mamamoo dan Hyolyn SISTAR tetap percaya diri berkulit cokelat dan bersinar dengan pesonanya sendiri.

5. Memiliki Tubuh Ramping

Image from Instagram @gfriendofficial
Image from Instagram @gfriendofficial

Perempuan Korea Selatan khususnya idol K-pop sering kali menjaga tubuh agar tetap langsing. Rata-rata berat badan untuk remaja dan orang dewasa berada di kisaran 40-50 kg dengan fisik yang semampai untuk ukuran gadis Asia.

Terkadang mereka sampai melakukan diet ekstrem yang berbahaya bagi kesehatan demi mencapai berat badan sesuai standar. Tolak ukur kecantikan ini otomatis membuat banyak gadis merasa insecure dengan kondisi berat badan di atas 50 kg.

6. Hidung Mancung Sempurna

Image from Instagram @kyo1122
Image from Instagram @kyo1122

Hidung mancung dengan bentuk batang hidung yang lurus dan lancip juga menjadi salah satu standar kecantikan di Korea Selatan. Hal ini pula yang membuat rhinoplasty atau operasi rekonstruksi hidung sangat ramai digencarkan oleh sejumlah klinik kecantikan.

Tak jarang para pasien akan membawa foto selebriti sebagai referensi penampilan baru mereka. Dari Kim Tae Hee, Song Hye Kyo, Yoona SNSD hingga Irene Red Velvet seringkali menjadi acuan karena dianggap memiliki fitur hidung paling ideal.

7. Gigi Rata dan Rapi

Image from Instagram @rachel_mypark
Image from Instagram @rachel_mypark

Gadis Korea Selatan juga menaruh perhatian pada keindahan gigi. Selain memakai kawat gigi, mereka juga kerap mendapatkan perawatan veener.

Meski nyatanya dapat merusak gigi asli, namun perawatan tersebut masih digemari oleh masyarakat karena dapat meningkatkan rasa percaya diri mereka.

8. Bentuk Alis Lurus

Image from Instagram @wow_kimsohyun

Standar kecantikan Korea Selatan yang terakhir ini bisa diikuti tanpa harus melalui proses plastic surgery. Ya, bentuk alis lurus dikatakan terlihat menarik karena memancarkan imej gadis lugu nan menggemaskan. Tertarik mencobanya?

You may also like

More in K-Beauty

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *